Kini 7 Moda Transportasi Nyambung, ANIES Resmikan Kawasan Terintegrasi Stasiun MRT Dukuh Atas

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan kawasan terintegrasi dan spot air siap minum di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (30/4). “Kawasan terintegrasi Dukuh Atas telah menjadi titik penghubung berbagai moda transportasi umum massal, antara lain MRT Jakarta, Kereta Commuter Line, Kereta Bandara Rail Link, dan BRT Transjakarta,” ujar Anies, Selasa (30/4).

Selain itu, melalui pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development/TOD), wilayah sekitar Stasiun MRT Dukuh Atas BNI akan menjadi penghubung mobilisasi maupun pemukiman masyarakat. Ke depan, kawasan ini akan ditambah moda transportasi baru, yaitu LRT Jakarta dan LRT Jabodetabek.

“Kawasan Berorientasi Transit harus memperlihatkan visi yang sama bagi pihak-pihak berkepentingan di dalamnya, yaitu terintegrasi, nyaman, dan memudahkan bagi masyarakat,” sambung Anies.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta berusaha menyediakan fasilitas nyaman bagi pejalan kaki, mendorong kendaraan umum massal bebas/rendah emisi, dan integrasi antar moda transportasi yang memudahkan untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

“Saya berharap fasilitas kawasan berorientasi transit ini bisa dikembangkan terus. Nah, di kawasan ini punya BRT Transjakarta, ada MRT, ada LRT Jabodetabek, dan LRT Jakarta, kemudian ditambah lagi kereta Bandara, kereta Commuter, dan bus biasa. Ini tujuh moda transportasi ada di tempat ini dan semuanya harus nyambung. Bila kita tidak memiliki visi yang sama, nanti jalan sendiri-sendiri, jadi gak maksimal,” ungkap Anies.

Baca Juga:  Anies Ingatkan Jangan Cari Penyakit, ANS DKI Harus Netral di Pemilu 2019

Selain meresmikan kawasan terintegrasi ini, Anies turut meresmikan fasilitas air siap minum. Fasilitas ini merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan air minum Palyja bekerja sama dengan PT MRT Jakarta yang telah ditempatkan di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI dan Stasiun MRT Blok M. Dengan adanya spot air siap minum tersebut, diharapkan dapat menjadi gaya hidup baru dan mengedepankan konsep ramah lingkungan di Ibukota.

“Hari ini ada peresmian fasilitas air siap minum. Nampaknya sederhana, karena tempat air siap minum. Tapi, di balik itu, ada sebuah pesan fundamental bagaimana kita mulai membiasakan untuk menggunakan barang-barang yang minim sampah, apalagi plastik, dengan cara membawa tumblr misalnya, membawa alat untuk minum dan mengambil air minum yang sudah siap tersedia. Karena itu, nantinya perubahan mindset yang muncul akan luar biasa,” terang Anies. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan