Jatuh Rabu 5 Juni, HARI RAYA IDHUL FITRI 1440 H Dirayakan Secara Nasional

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Suara takbir yang menandakan datangnya Hari Raya Idhul Fitri 1440 H berkumandang di seantero negeri. Umat Islam merayakan ‘kemenangan’ setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa. Tak hanya haus dan lapar, bagi yang melaksanakan juga dilatih kesabaran untuk menahan segala hawa nafsu.

Allahuakbar……Allahuakbar……Allahuakbar. Laillahalillahuallaakbar……..
Allahuakbar…Waliklailham. Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1440 H. Mohon Maaf Lahir Bathin. Demikian takbir dan surat berantai (massage) yang dikirim siapa pun untuk memberikan ucapan kepada handai taulan.

Untuk di Ibukota Jakarta, pemandangan masyarakat melakukan takbiran keliling masih saja ada. Hanya saja tak seramai di tahun-tahun sebelumnya. Apalagi pihak kepolisian telah memberikan himbauan, agar masyarakat cukup melakukan takbir di mesjid atau mushola di wilayahnya.

Di sejumlah daerah di Tanah Air pun, ada pula yang masih melakukan takbir keliling. Mereka dengan menumpangi mobil bak terbuka atau truk-truk. Beruntung aksinya masih bisa terkendali, karena ketatnya pengawasan dari aparat. Masyarakat pun masih bisa ditegur, agar segera kembali ke rumah.

Hal yang menggembirakan, penetapan Hari Raya Idhul Fitri 1440 H di tahun 2019, masih bisa dilaksanakan serempak, Rabu (5/6). Seluruh mesjid di Indonesia telah menyiapkan keperluan untuk pelaksanakan sholat I’ed. Bahkan ada sejumlah tempat-tempat terbuka yang bakal dipakai bagi ribuan masyarakat.■ RED/ALDI/AYID/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here