Favorit Saat Lebaran, PANTAI ALAM INDAH TEGAL Diserbu Ribuan Pengunjung

TEGAL (POSBERITAKOTA) – Hari Raya Idhul Fitri (Lebaran-red) identik dengan ‘plesiran‘ alias jalan-jalan. Masyarakat pun menjadikan objek wisata sebagai tempat tujuan mencari hiburan bersama keluarga. Yang penting, bisa melampiaskan rasa senang dan bahagia di hari Lebaran.

Dari sejumlah objek wisata, wilayah pantai yang asri dan indah, selalu jadi favorit untuk dikunjungi. Seperti Pantai Alam Indah (PAI) Tegal, Jawa Tengah, mampu menyedot ribuan pengunjung di H+1 dan H+2 Lebaran. Tua, muda, remaja dan anak-anak tumpah ruah bersantai menikmati keindahan pantai.

“Pantai di sini sangat menarik panoramanya. Selain itu juga resik, karena memang pihak pengelola, merawat setiap saat. Saya ndak pernah bosan, meski setiap tahun datang ke sini,” ungkap Basri, warga Desa Terlalu, Kabupaten Brebes yang datang ke PAI bersama seluruh keluarga.

Biasanya, kata dia lagi, Lebaran pertama mementingkan silaturahmi di rumah sama saudara dan tetangga. “Nah, baru di Lebaran kedua, pilih jalan-jalan ke pinggir pantai saja,” tegas Basri.

Sutejo, warga Pekalongan, juga memilih plesiran ke PAI. Pantainya asri dan enak untuk santai. Kadang ikut berenang, karena anak-anak menuntut. Murah meriah dan para pedagang juga bervariasi. Juga soal harga tak terlalu tinggi.

Destinasi wisata di Kota Bahari (Tegal), sejak duapuluh tahun silam, sudah sangat dikenal. Pemkab setiap tahun selalu melakukan perbaikan dan pembenahan. Tujuannya tentu saja demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Sedangkan untuk tiket masuk sangat terjangkau. Dewasa dipatok Rp 3.300 dan anak-anak dikenakan tarif masuk Rp 2.300. Ada pula tersedia berbagai wahana. Antara lain sepeda air Rp 20 ribu, perahu laut Rp 25 ribu, hutan mangrove Rp 2000 serta festival lampion air mancur menari yang bertarif antara Rp 25 – Rp 30 ribu.

Bagi masyarakat yang ingin bersantai ria menikmati suasana Lebaran, bisa menyewa tikar cuma Rp 10 ribu. Begitu pula untuk payung pantai penghalau suasana terik matahari dengan harga sewa Rp 15 ribu. Juga pelampung ban kebutuhan berenang di pantai, seharga antara Rp 10 sampai Rp 15 ribu.

Sebagian besar pengunjung malah betah berada di PAI Tegal hingga sore hari, jelang matahari terbenam. Wajah mereka nampak cerah dan kalangan anak-anak pun, larut dalam suasana bahagia, setelah beraktifitas di pinggir pantai. ■ RED/CAHYO NG/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here