Fokus Angkat Budaya Betawi, QUBIL AJ Bawa ‘Oplet Robet’ Eksis Selama 18 Tahun

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Setelah era 70-an dan banyak melahirkan tokoh-seniman-budayawan Betawi ternama, beruntung di tahun 2000-an tak sedikit sosok yang muncul sebagai generasi penerus. Bahkan konsistensinya patut diacungi jempol. Apalagi dengan karya-karya-karyanya terlihat di masyarakat, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Ramdhani atau yang kondang dengan nama Qubil AJ, bisa disebut sebagai penerus seniman Betawi tulen yang tak mengenal kata lelah. Bahkan hampir setiap tahun, selalu menggelar kegiatan untuk mencari bibit-bibit baru melalui sanggar Budaya Betawi dengan nama ‘Oplet Robet’ (Ocehan Plesetan Rombongan Betawi).

Sanggar yang didirikan sejak tahun 2001 tersebut, bermarkas di tanah kosong yang awalnya bersebelahan dengan lahan pembuangan sampah di kawasan Pinang Ranti, Taman Mini, Jakarta Timur. Namun siapa sangka, jika keberadaannya bisa eksis selama 18 tahun sampai sekarang.

“Apa yang ane lakukan bersama teman-teman, karena kecintaan terhadap seni dan budaya Betawi. Dalam sanggar Oplet Robet ini kumpul kalangan anak-anak, remaja dan dewasa dari 5 wilayah Jakarta. Yang jelas, kite punya agenda dalam setiap tahunnya,” tegas Qubil AJ, selain dikenal sebagai pemain Lenong, juga aktor sinetron komedi religi dilayar TV.

Sejumlah agenda seni dan budaya yang selalu digelar bersama ‘Oplet Robet’ mulai dari lomba penulis naskah cerita Betawi, Lenong, pemilihan aktor-aktris cilik dan remaja serta banyak lagi. Bahkan dari mereka sudah banyak yang pentas di 5 wilayah DKI Jakarta yang difasilitasi walikota yang ada.

Baca Juga:  Selalu Optimis, RYANA DEWI Jadikan Modal Semangat Hadapi Tantangan

“Jujur, ane sangat bersyukur, karena peminat semakin bertambah setiap tahunnya. Dengan begitu, ane juga punya keyakinan bahwa seni dan budaya Betawi kagak bakalan hilang atau punah di makan zaman,” sebut Qubil AJ yang pernah kondang lewat perannya sebagai Mah’did Musyawaroh di serial sinetron komedi religi ‘Islam KTP’ tayangan di SCTV beberapa tahun silam.

Pasca Lebaran dan memasuki usia 18 tahun, sanggar ‘Oplet Robet‘ saat ini tengah mengadakan acara Halal Bihalal bersama seluruh anggota dan pengurus (keluarga besar). Acara itu sendiri digelar Jumat-Minggu (14-16 Juni), bertempat di Villa Nafkah Pasar Cikreteg, Ciawi, Bogor.

Kite semua yang ada di sanggar Oplet Robet ini, sudah kayak keluarga besar. Selain itu sekaligus melalukan syukuran, karena sudah mencapai usia 18 tahun,” pungkas aktor laris yang asli Betawi satu ini kepada POSBERITAKOTA, Jumat (14/6) malam. ■ RED/GOES

Beri Tanggapan