PosBeritaKota.com
Megapolitan

Tampilkan Ragam Hiburan, PEMRPOV DKI Gelar Rangkaian Perayaaan HUT ke-492 Kota Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta akan menggelar rangkaian acara perayaan HUT ke-492 Kota Jakarta yang menarik bagi warga. Pada kegiatan tersebut panitia mengusung konsep ekonomi kreatif dan seni, tentu saja dengan harapan berbagai acara yang dilaksanakan dapat memajukan perekonomian di Ibukota, sekaligus mendekatkan warga dengan berbagai karya seni.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjelaskan rangkaian acara ini dihadirkan untuk seluruh warga Jakarta. Bahkan, harapannya, bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara.

“Jadi, saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi, menikmati rangkaian acara yang telah kami siapkan, dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kita ini, sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal,” ujar Anies di Balaikota, Kamis (20/6).

Terkait rangkaian acara HUT ke-492 Kota Jakarta diawali dengan acara live mural. Acara pertama bertajuk Live Mural Jakarta Anniversary berlangsung di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat.

“Sedangkan acaranya diikuti oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina, bekerja sama dengan iMural yang akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara (bagian kiri dari arah stasiun MRT) dengan tema Wajah Baru Jakarta,” jelas Anies. Live Mural diadakan dari tanggal 17 hingga 21 Juni 2019, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Pemprov DKI Jakarta kembali bekerja sama dengan Semasa di Kota Tua dalam menghadirkan sebuah wadah bagi pelaku ekonomi kreatif. Bazar kreatif kali ini dilaksanakan di luar ruangan (outdoor) dan berkonsep piknik, sehingga bertajuk Semasa Piknik. Warga dapat melihat, membeli, dan menikmati berbagai produk kreatif di acara ini, mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner. Lebih dari 60 pembuat produk kreatif yang akan ikut berpartisipasi.

Pada bagian lain Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng Sadari Sedari yang berfokus pada donasi pakaian bekas untuk pendidikan di Indonesia. Kali ini, kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Sadari Sedari menghadirkan Pasar Raya Keliling Vol. 2.

Acara tersebut diisi dengan Garage Sale (penjualan pakaian bekas) dari sejumlah artis dan influencer Tanah Air seperti Agni Pratista, Vania Herlambang, dan Alexandra Asmasoebrata; penampilan musik; gelar wicara; dan pameran instalasi lingkungan.

“Seluruh keuntungan akan didonasikan kepada LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah,” tambahnya.

Kedua acara ini akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019, dimulai pukul 10.00 – 18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB. Pasar kreatif di Lapangan Banteng ini terlaksana atas dukungan Pasar Jaya, BRI Peduli, Gojek, dan Shopee.

Pada malam puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta digelar di Bundaran HI, pada 22 Juni 2019. Acara ini memadukan unsur tradisional dan teknologi, dengan menampilkan tari tradisional, lagu dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive.

Acara itu sendiri bakal dibagi menjadi tiga babak, mulai dari Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali. ■ RED/JOKO/S

Related posts

Peringati Hubungan Bilateral, ANIES & DUBES INGGRIS Tanam Kembang Sepatu Dea di Halaman Museum

Redaksi Posberitakota

Pemberian KJP, EDSON ZULFAN SE Minta Setiap Saat Harus Dipantau

Redaksi Posberitakota

Sebelumnya Hanya 50, PAM JAYA Sukses Tekan Stunting dengan Perluas Intervensi Pencegahan ke 105 Anak di Jakarta Pusat

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang