Kemenkop & UKM Beri Apresiasi, KISEL Masuk Peringkat 94 Koperasi Besar Dunia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) memberikan apresiasi terhadap Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel) yang menempati peringkat 94 dari 300 koperasi besar dunia oleh World Cooperative Monitor Award dengan kategori Other Services Based on Turnover/GDP Per Capita 2018.

Koperasi milik karyawan telkomsel ini juga meraih peringkat 1 untuk kategorl Other Services atau Jasa Lainnya dengan penilaian berbasis rasio pendapatan koperasl berbanding PDB Naslonal mengungguli Koperasi Selectour dari Perancls dan Koperasl Permodalan Felda Malaysia Berhad dari Malaysia.

Keberhasilan Kisel dilevel koperasi dunia tersebut dilaporan secara resmi oleh Ketua Kisel, Suryo Hadiyanto kepada Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) AAGN Puspayoga, di Kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta, Jumat (5/7).

Menteri Puspayoga mengapresiasi kinerja Kisel yang kini sudah menembus 94 besar koperasi dunia dan memiliki aset sebesar Rp 6 triliun lebih pada tahun ini.

Menurut Puspayoga capaian ini sebagai wujud dari semangat dan kerja keras gerakan koperasi Indonesia untuk menjadi koperasi maju dan mandiri, sesuai arahan presiden untuk melakukan reformasi total koperasi. yang dilaksanakan dalam tiga langkah strategis, yaitu rehabilitasl, reorientasl dan pengembangan.

“Jadi yang kita tuju kedepannya adalah kualitas koperasi, bukan banyaknya koperasi lagi, sedkit tapi berkualisas,” ujar Puspayoga yang didampingi Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop dan UKM, Suparno.

Baca Juga:  Bersama Muspika, KAPOLRES SERANG KOTA Kunjungi Korban Banjir di Cilegon

Selain itu pencapaian Kisel sebagai peringkat 94 dunia, akan menjadi contoh bagi koperasi lainnya agar dapat tumbuh besar dan memelihara profeslonalisme. Pihaknya juga mendorong Kisel yang sudah memiliki 5 anak usaha berbentuk PT, agar berani menglkutkan anak usahanya dl bursa saham.

Sementara itu Ketua Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel), Suryo Hadiyanto, menyatakan berterima kasih terhadap Kemenkop dan UKM yang benyak membantu sehingga Kisel menjadi koperasi yang diperhitungkan dunia.

Prestasi yang dicapai Kisel masuk jajaran koperasi besar dunia dalam laporan tahunan WCM, bukan pertama kalinya. Sebelumnya, Kisel menduduki peringkat 128 dunia berdasarkan rasio omzet terhadap PDB nasional pada laporan WCM yang dirills tahun 2014.

Dalam menjalankan usahanya, Kisel berkecimpung di bisnis Distribusi dan Penjualan Produk Telekomunikasi, Jasa lnfrastruktur Telekomunikasi dan Power Engineering dan Jasa Umum. Kini, Kisel pun membidik bisnis digital dengan membangun platform, channel, dan aplikasi yang terintegrasi dengan bisnis eksistingnya, sehingga ke depan diharapkan Kisel semakin siap berpartisipasi aktif dalam era industri 4,0. ■ RED/RIZAL BK/GOES

Beri Tanggapan