PosBeritaKota.com
Nasional

Demi Kembangkan & Pasarkan Usaha, UMKM Papua Agar Memanfaatkan Teknologi Digital

JAYAPURA (POSBERITAKOTA) – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) meminta kepada para pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) di Provinsi Papua untuk memanfaatkan teknologi digital, dalam mengembangkan dan memasarkan usahanya.

Penegasan ini disampaikan oleh Deputi Sumber Daya Manusia Kemenkop dan UKM Rulli Nuryanto dalam acara peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) KUMKM di Jayapura, Papua, Senin (5/8).
Demikian pula halnya pelaku KUMKM yang kini memiliki produk – produk lokal khas tanah Papua bisa dipasarkan menggunakan teknologi tersebut.

Menurut Rulli masyarakat Papua dengan kekayaan dan keanekaragaman produk – produknya, harus mampu menyesuaikan diri terhadap kondisi saat ini dengan beradaptasi dengan industri 4.0.

“Sehingga melalui platform e – commerce produk – produk Papua yang unik itu mudah dipasarkan dan tidak seperti sekarang ini yang hanya sebatas toko atau warung lokal di Papua,”ujar Rulli yang didampingi Asdep Pengembangan Peran Serta Masyarakat Kemenkop dan UKM, Hariyanto dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua, Luther Bonggoibo.

Dihadapan 120 para peserta, Rulli menjelaskan penggunaan platform e – commerce menjadikan solusi pemasaran bagi masyarakat Papua, apalagi berdasarkan data yang ada selama ini, sudah ada jutaan orang bertransaksi menggunakan fasilitas maya bernama digital tersebut.

“Melalui penggunaan platform e – commerce produk seperti kerajinan kulit, olahan sagu, anyam – anyaman, makanan dan lain – lain dari Papua itu dengan mudah bisa terjual.” tambah Rulli.

Rulli menyakini itu bisa dilakukan di Papua, jika pelaku KUMKM – nya bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada selama ini. Untuk merangsang pelaku KUMKM tersebut, Kemenkop dan UKM sengaja hadir di Papua dalam memberikan enam program sekaligus untuk penguatan SDM. Diantaranya terdiri dari pelatihan vocational bagi organisasi masyarakat dan pemuda, pelatihan vocational berbasis e – commerce, pelatihan vocational bagi kelompok strategis, pelatihan akutansi dan penyusunan laporan keuangan, pelatihan bagi pengelola LKM berbasis kompetensi, pelatihan vocational untuk daerah tertinggal.

Dengan adanya banyaknya program tersebut, Deputi SDM Kemenkop dan UKM berharap, ada pengetahuan wawasan baru, peningkatan kualitas produk serta omzet bisnis yang dikembangkannya. “Mudah – mudahan ini bisa diperoleh dari para peserta yang hadir dalam acara ini,” tandas Rulli.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Papua, Luther Bonggoibo, menyampaikan bahwa sudah saatnya masyarakat Papua memanfaatkannya dengan baik mengenai program – program yang ditawarkan oleh pemerintah. Apalagi semua program yang diberikan oleh Kemenkop UKM itu berbasis pada penguatan SDM untuk KUMKM.

Diakui oleh Luther Bonggoibo, masyarakat Papua bisa maju dengan pesat seperti provinsi – provinsi lainya apabila ada keseriusan untuk menekuninya. “Saya menyakini itu bisa karena masyarakat dan pelaku KUMKM ingin sama – sama memajukan Papua,” pungkasnya. ■ RED/RIZAL BK/G

Related posts

Di Kota Purwokerto, INSAN KOPERASI Ziarah ke Makam Perintis Raden Aria Wiraatmaja

Redaksi Posberitakota

Dekat Pulau Komodo, Pemerintah akan Bangun Kampus Pariwisata

Redaksi Posberitakota

Diterima 2 Perajin Bali, KEMENKOP & UKM Serahkan Sertifikat HAKI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang