28.2 C
Jakarta
27 April 2024 - 10:47
PosBeritaKota.com
Entertainment

Ikut Program Kurban Berdayakan Desa, TERRY PUTRI Potong Kambing Melalui BAZNAS

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Artis sinetron sekaligus pembawa acara, Terry Putri menunaikan ibadah kurban melalui BAZNAS. Wanita berkerudung ini datang langsung ke kantor layanan BAZNAS di Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, untuk menyerahkan uang sebesar yang ditetapkan panitia kurban untuk seekor kambing.

Dengan mengikuti program “Kurban Berdayakan Desa” yang diinisiasi BAZNAS, Terry ingin menunaikan ibadah sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat desa. “Alhamdulillah saya barusan menyerahkan uang untuk menunaikan kurban yang dikelola BAZNAS,” ujar Terry di kantor pelayanan BAZNAS Jl Raya Kebon Sirih, Jakarta pusat, Jumat (8/8).

Menurutnya, berkurban tidak hanya sekadar ibadah yang benilai besar untuk akhiratku tapi ibadah untuk keuntungan dan kebahagiaan dunia. Dengan berkurban alhamdulillaah dapat mendukung pemberdayaan masyarakat dan menggerakan ekonomi. BAZNAS menetapkan harga seekor kambing Rp 2,5 juta.

Melalui program ‘Kurban Berdayakan Desa’, BAZNAS mendorong peningkatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan budaya di masyarakat desa. Sebab hewan ternak dibeli, disembelih dan dibagikan kepada masyarakat desa. Dalam program jangka panjang, BAZNAS mengembangkan Program Balai Ternak di berbagai desa di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak kecil di desa.

Dalam sebuah studi, BAZNAS serta Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Universitas Indonesia (UI) menghitung potensi perputaran uang dari perdagangan hewan tiap tahun mencapai Rp 69,9 triliun.

Kesadaran umat Islam di Indonesia untuk berkurban meningkat setiap tahun. Data pemerintah menyebutkan, jumlah hewan kurban tahun 2018 naik sebesar 5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 1.504.588 ekor.

Dari jumlah tersebut, maka nilai kurban umat Islam diperkirakan sebesar Rp 10, 143 triliun. Nilai yang cukup besar itu untuk mengurangi angka kemiskinan para peternak di desa jika dikelola dengan benar.

“Sebagian besar peternak rakyat masih tergolong miskin, karena bagian terbesar keuntungan kurban justru dinikmati orang kota yang menjadi pedagangnya,” kata Anggota BAZNAS, Emmy Hamidiyah yang hadir menyambut Terry menunaikan kurbannya. ■ RED/JOKO S/G

Related posts

Diusung PKB, Tommy Kurniawan Maju ke Pilkada Kabupaten Tangerang

Redaksi Posberitakota

Mendekam di Cipinang, SAIPUL JAMIL : Dapat Lagu dari Bunda Dorce

Redaksi Posberitakota

Belajar Bisnis, ANNEZA Kibarkan Founder of Annehertinathings

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang