Dibuka Anies di Balaikota DKI, RAKER ASKOMPSI Dihadiri Perwakilan Dinas Kominfotik se-Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat kerja Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Seluruh Indonesia (Askompsi). Rapat yang diikuti perwakilan dari berbagai propinsi tersebut berlangsung di Ruang Tempo Doeloe, Balaikota Jakarta.

Rapat kerja Askompsi merupakan tindak lanjut dari rapat kerja sebelumnya, dengan agenda mempersiapkan bahan untuk rapat koordinasi dengan Kemenkominfo RI pada 4-6 September mendatang di Denpasar, Bali. Selain itu, rapat kerja ini juga membahas beberapa perubahan di dalam tubuh Askompsi sendiri.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswesan mengatakan, di era abad 21 kecepatan informasi bergerak dengan kecepatan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Ini menjadi tantangan besar bagi mereka yang berada di wilayah pengambilan keputusan.

“Bertukar pengalaman dan pikiran menjadi penting sekali. Dan pola-pola yang berkembang di satu wilayah bisa menjadi pelajaran di wilayah lain,” ujar Anies saat membuka rapat, Kamis (29/8).

Anies berpesan, Pemprov harus menata bagian internal untuk dapat memposisikan sebagai institusi referensi dan tetap fokus untuk terus berkompetisi di dalam menyampaikan dan menyerap informasi.

“Sekarang pemerintah kembali menjadi rujukan. Mudah-mudahan asosiasi ini bisa menjadi proses belajar dan fasilitator untuk tukar-menukar pengalaman,” harap Anies.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, Askompsi ini sebagai ajang bertukar pikiran bagi seluruh Dinas Kominfo di seluruh Indonesia. Askompsi pun menjadi wadah untuk saling berbagi praktik terbaik dari pelaksanaan tugas di urusan komunikasi dan informasi.

“Dalam pelaksanaan program perlu adanya sinergitas antar daerah, antara pemerintah pusat dengan daerah. Sehingga, pelaksanaan progam dapat berjalan dengan sinergis masing-masing daerah dan pemerintah pusat,” ungkap Atika.

Atika menambahkan, ada beberapa agenda dalam rapat kerja kali ini, yakni persiapan dan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan fungsi komunikasi dan informasi publik. Atika pun menyebut, pada saat rapat koordinasi dengan Kemenkominfo nanti, Askompsi akan menyampaikan aspirasi-aspirasi daerah ke Kementerian.

“Diharapkan, ada sinergitas program dalam bidang komunikasi, informasi, dan statistik berjalan dengan baik. Banyak hal-hal baik yang dari daerah maupun pemerintah pusat yang bisa kita sinergikan dalam sebuah progam bersama,” ucap Atika. ■ RED/JOKO S/G

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here