32.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 16:09
PosBeritaKota.com
Sport

Jatim-Jabar Berbagi Emas, DKI & SUMBAR Kebagian Perak di POMNas Gulat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Jawa Timur dan Jawa Barat berbagi medali emas di cabang olahraga gulat hari pertama Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) yang berlangsung di GOR Cempaka Putih Jumat (19/9).

Dalam pertandingan hari pertama menggunakan sistem round robin ada dua medali emas yang diperebutkan. Keduanya masing-masing di kelas bebas 52 kg putra dan kelas 58 kg putra. Di kelas 52 kg, pegulat dari Jawa Barat, Lipan Saputra berhasil meraih medali emas setelah dalam final berhasil mengalahkan lawannya Aprin Pungki dari Sulawesi Selatan.

Atas kekalahan itu, April Pungki berdasarkan sistem roun robin hanya berhak menempati urutan keempat. Sementara Medali perak kelas tersebut direbut oleh pegulat dari DKI Jakarta, Hamza Has yang dalam final mengalahkan Josua Andila (Sumbar) dengan skor1 14-8. Medali perunggu direbut oleh pegulat dari Riau Denis Diva Jordan.

Satu medali emas lainnya di kelas 58 kg direbut oleh pegulat dari Jawa Timur, Puji Prastyo. Dalam final Puji berhasil menumbangkan lawannya, Gilang Ilhasa dari Sumbar dengan skor 8-2.

Tampaknya pegulat dari Jatim ini unggul segalanya, lebih taktis, dan berada satu kelas di atasnya. Atas kekalahan tersebut Gilang hanya berhak mendapatkan medali perak, sementara medali perunggu direbut oleh Hadi Rizki Hanafiah dari Jawa Barat.

Andalan DKI Turun
Pada hari kedua Sabtu (20/9) akan mempertandingkan tiga kelas, masing-masing gaya grego roma kelas 54 kg, kelas 67 kg, gaya bebas putri kelas 52 kg. Pegulat DKI Jaya akan turun di tiga kelas tersebut dua di antaranya merupakan pegulat andalan DKI untuk meraih medali emas.

Keduanya masing-masing Aditya di kelas 67 kg, dan Dwi di kelas 52 kg putri. Kedua pegulat ini bagi DKI masuk dalam kategori kuda hitam. Maksudnya belum sepenuhnya diunggulkan untuk merebut medali emas, akan tetapi bila keduanya mampu bermain maksimal bukan tidak mungkin merekalah yang merebut medali emas.

Kejuaraan gulat POMNas diikuti oleh 83 pegulat dari 17 Provinsi. Simbolis pembukaannya dilakukan oleh Ketua Umum PP PGSI yang diwakilkan kepada Ketua Umum Pengprov PGSI DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa.

Dalam sambutan pembukaan Steven meminta agar semua daerah dapat memanfaatkan program pembinaan berjenjang yang ada di masing-masing Disorda di seluruh Indonesia, sehingga prestasi pegulat Indonesia bisa lebih pesat ke depannya. ■ RED/MIKE WANGGE/GOES

Related posts

Lantaran ke Copa America 2019, ICARDI Tak Masuk Timnas Argentina

Redaksi Posberitakota

Valentino Rossi Hadapi  Masalah Besar di Argentina

Redaksi Posberitakota

Sebelum ke Piala Dunia, GM SUSANTO MEGARANTO & GMW Medina Ditantang di Yogyakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang