Prihatin, RAHAYU KARTAWIGUNA Nilai YouTuber Banyak Merugikan Orang Lain

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Tak sedikit kaum Millenial yang mencoba keberuntungan dengan menjadi YouTuber, tapi ternyata untuk mendapatkan
subscriber bukan perkara mudah. Tetap dibutuhkan kreativitas tinggi dan kerja keras. Salah satunya dengan karya original, nyeleneh dan penuh tantangan.

Bahkan mengandung bahaya yang bisa menyinggung orang yang ‘dikerjai‘ seperti yang dilakukan beberapa anak muda Bandung yang ngeprank transgender dengan memberikan bingkisan batu dan sampah. Sikap tidak terpuji tersebut menjadi perhatian masyarakat luas termasuk Rahayu Kertawiguna, produser rekaman dari Nagaswara Music.

“Yang jelas, saya prihatin dengan perilaku oknum YouTuber yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan subscribe. Banyak karya atau kreatifitas tanpa harus melukai dan menyakiti orang lain,” papar Rahayu Kertawiguna saat dihubungi awak media, Kamis (7/5/2020).

Dikatakan Rahayu bahwa pihaknya makin prihatin kelakuan beberapa anak muda asal Bandung yang membuat konten di bulan suci Ramadhan dan orang memang berharap bantuan Sembako. Dengan ngeprang berupa sampah.

“Perilaku nggak terpuji seperti ini sudah tidak bisa ditolerir lagi. Karena itu, Pemerintah harus mulai bertindak tegas terhadap para YouTuber yang tidak bermoral. Dengan meminta kepada pengelola YouTube untuk tidak memberi tempat kepada YouTuber yang tidak kreatif dan malah cenderung kriminal,” imbuh CEO Nagaswara Music.

Menurut Rahayu lebih lanjut bahwa Pemerintah perlu memberi sanksi tegas kepada pengelola YouTube, apabila masih memberi tempat kepada oknum YouTuber yang membuat konten tidak terpuji. Hal ini dimaksudkan
agar ada efek jera. Sekaligus juga mengajari mereka yang bermain di ranah Youtube untuk menghormati karya cipta orang lain.

“Agar tidak ada lagi oknum YouTuber pekok yang cenderung merugikan banyak orang, karenanya Pemerintah harus menegur pengelola YouTube,” tandas Rahayu Kertawiguna, mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here