Bikin Bansos Peduli Covid-19, MASJID JAMI AL-IKHLAS RW 025 VGH Sudah Mulai Terima Zakat Fitrah & Mal

BEKASI (POSBERITAKOTA) ■ Panitia Penyelenggara (Panpel) Penerimaan Zakat Fitrah & Zakat Mal di Masjid Jami Al-Ikhlas RW 025 Perumahan Villa Gading Harapan (VGH) Kelurahan Kebalen, telah bekerja sejak Minggu (17/5/2020) malam lalu. Sementara itu Yayasan yang bergandengan tangan dengan kelembagaan RW, DKM dan Rukem – telah menyalurkan bantuan sosial (Bansos) sebanyak 183 paket untuk tahap pertama bagi warga yang terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).

Untuk penerimaan sekaligus penyaluran Zakat Fitrah & Zakat Mal ditangani bidang sosial di kelembagaan Dewan Kemakuran Masjid (DKM) Jami Al-Ikhlas, terkait event Idhul Fitri 1441 H pada 24-25 Mei 2020 mendatang. Kelembagaan DKM yang diketuai Khoirul Anwar telah mempercayakan kepada Ustadz Wanito sebagai Ketua Panpel.

Sedangkan di jajaran Panpel Zakat Fitrah & Zakat Mal antara lain ada Saefulloh (Wakil Ketua), Cahyono (Sekretaris) dan Yusril (Bendahara). Selain itu ada pula Ustadz Rojali bersama pasukan yang diambil dari anggota IKRAR. Mereka di antaranya Eka Setiawan, Taufiq, Akmal, Putra, Rahmat, Luthfi, Dandi, Ahmad Munzir, Fatah dan Lathu Ghozy.

Baik Khoirul Anwar (Ketua DKM) maupun Ustadz Wanito (Ketua Panpel) sama-sama berharap agar pelaksanaan penerimaan dan penyaluran Zakat Fitrah & Mal, bisa berjalan lancar tanpa kendala. Sejak pukul 16.00 – 22.00 WIB sudah melayani warga hingga H-1 Idhul Fitri 1441 H mendatang.

“Dari 600-an KK lebih yang merupakan warga di RW 025, semoga bisa terlayani. Meski kadang jelang H-5 sampai H-1, baru berdatangan ke Masjid Jami Al-Ikhlas untuk mengantar beras Zakat Fitrah,” tutur Khoirul Anwar kepada POSBERITAKOTA, Rabu (20/5/2020).

Ustadz Wanito menegaskan bahwa panitia sudah siap all out di dalam penerimaan dan penyaluran Zakat Fitrah & Mal nantinya. Terlebih lagi saat ini hampir seluruh warga RW 025, tidak pulang kampung atau Mudik Lebaran.

“Insya Allah, pelaksanaan atau kegiatannya sesuai harapan warga. Ada kemungkinan pemberi zakat semakin meningkat. Akibat pandemi virus Corona, membuat warga tak Mudik Lebaran,” ungkap dia.

Setiap kepala atau personal warga, ditetapkan harus menunaikan pembayaran zakat sebanyak 3,5 liter/2,7 kg berbentuk beras. Jika harus diganti dengan uang sebesar Rp 35 ribu. Diharapkan bisa terkumpul pula Zakat Mal harta atau kekayaan pribadi seseorang/warga.

Sementara penyaluran Bansos untuk Peduli Covid-19 di lingkungan RW 025 antara lain ditangani langsung dari 4 kelembagaan. Baik itu dari Yayasan, RW, DKM maupun Rukem. Mereka terdiri dari Ustadz Robert Hidayat (Ketua Pengurus Harian Yayasan, Zanurianto (Bendahara Yayasan) dan Nanang Sopyan (Sekretaris Yayasan).

Dari unsur DKM, RW 025 dan Rukem ikut terlibat Harjono (Bendahara DKM), Dirman Diaz (Sekretaris RW dan beberapa anggota IKRAR (Ikatan Remaja RW 025). Sebut saja ada Akmal Wiradinata, Putra Julian Kriss, Rahmat, Dandy serta banyak lagi. Untuk tahap kedua bakal disalurkan kemudian.

Bansos tahap pertama bagi warga/jamaah masjid adalah berisikan beras, mie instans dan kebutuhan pokok yang lain. Dari kegiatan tersebut, jelas dibutuhkan komitmen dan peran kelembagaan RW 025 dan ke-17 Ketua RT yang ada di lingkungan.

Khusus untuk event Bansos Peduli Covid-19 di lingkungan RW 025 VGH Kebalen, juga disupport oleh kalangan donatur yang ada serta pengurus DKM serta warga dan jamaah masjid. Alhamdulillah, partisipasinya cukup bagus ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here