Bikin Aksi Jalan di Usia 100 Tahun, KAPTEN THOMAS MOORE Sukses Galang Dana 700 Miliar Bagi Penderita COVID-19

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Usia hanyalah angka! Ingat kapten Thomas Moore? Seorang perwira berpangkat kapten, veteran PD2, pensiunan angkatan darat Inggris, sekaligus seorang centenarian (orang yang dikaruniai panjang usia, mencapai 100 tahun lebih) yang kemarin sempat bikin gempar?

Nah, ini kisahnya: Melihat perkembangan pandemi di Inggris yang mengkhawatirkan, kapten Tom berupaya menggalang dana bagi para penderita covid 19, sekaligus mendukung ribuan tenaga medis yang berjibaku.

Namun, mengingat usianya yang sepuh ia bisa apa? Tubuhnya mulai rentan dan jalannya pun dipandu oleh empat roda penyangga yang berfungsi sebagai tongkat.

Ah, tapi kapten Tom tidak putus asa.
Menjelang hari ulang tahunnya yang ke seratus, tanggal 20 April 2020 lalu, ia bertekad berjalan mengelilingi halaman rumahnya sepanjang 25 meter. Kapten Tom berikrar membuat 100 putaran yang akan ia cicil 10 putaran setiap harinya.

Targetnya tidak muluk, semoga terkumpul 1.000 poundsterling saja, yang bisa ia donasikan bagi penderita covid-19.

Bagi kita yang sehat, berjalan sepanjang 25 meter seratus putaran, tentulah hal yang mudah, satu hari juga selesai. Namun bagi orang berusia 100 tahun dengan 4 roda penyangga, pasti bukan perkara enteng!

Otot-otot orang seusia itu semakin lemah, tenaga tak sekuat dahulu dan tubuh akan bergetar hebat manakala kelelahan!

Tom tidak putus asa. Ia terus berjalan dan berjalan.
Aksi ini kontan jadi pembicaraan orang. Pertama hanya di lingkungan tempat Tom tinggal, lalu merembet ke satu kota. Dan ketika, media massa menciumnya, efeknya sangat luar biasa. Satu negara memberi perhatian dan dunia mulai melihat!

Di hari terakhir Tom berjalan, ia mendapat pengawalan khusus yakni dari kesatuan AD dimana ia pernah bertugas. Banyak media eletronik meliput. Tayangan langsung juga bisa dilihat dimana-mana. Dan, orang lalu tergerak untuk memberi donasi.

Nah, puncaknya, berapa jumlah uang yang berhasil Kapten Tom kumpulkan? Jangan kaget, total mencapai 32 juta poundsterling plus 6 juta lagi kumpulan sumbangan dari pengembalian pajak, 38 juta pounsterling! Atau setara hampir 700 milyar rupiah!! Padahal tadinya ia hanya berharap terkumpul uang senilai 18 Juta saja!

Jumlah itu rekor tersendiri. Terbesar yang berhasil dikumpulkan oleh perorangan. Jumlah penyumbangnya pun banyak 1.5 juta orang dan lembaga. Rekor terakhir 5, 2 juta pound, dipegang oleh Stephen Sutton, seorang blogger yang berupaya memberi dukungan untuk penderita kanker.

Banyak pasien bisa tertolong karena aksi ini. Dan donasi masuk juga untuk mendukung para tenaga medis.

Untuk aksinya yang sangat baik ini, tanggal 16 Juli lalu, Ratu Elizabeth II secara khusus menganugerahkan gelar bangsawan kepada Kapten Tom! Ia kini resmi menyandang nama Kapten Sir Thomas Moore!

Luar biasa! Ternyata, usia hanya angka semata. Sejatinya, justru banyak hal baik dapat kita lakukan selagi masih bisa dan masih diberi umur. ■ RED/GUNAWAN WIBISONO/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here