Namanya Sudah Diajukan Presiden ke DPR RI, KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO Jadi Calon Tunggal Kapolri

POSBERITAKOTA (JAKARTA) – Disodorkannya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Kapolri, mengakhiri spekulasi sejumlah pihak. Saat ini tinggal menjalani fit and proper test (uji kepatutan) di hadapan para Anggota Komisi III DPR RI di Senayan.

Namun kemunculan nama Komjen Listyo yang dipilih Presiden Jokowi, mendapat apresiasi dari Ketua Umum Forum Satu Bangsa, Hery Haryanto Azumi. Hal tersebut, menurutnya, menunjukkan bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mengalami perubahan ke arah yang positif pascareformasi.

“Dan, ini juga mengindikasikan kematangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin meningkat,” ucap Hery Haryanyo Azumi, seperti dalam pernyataan tertulis yang dikirim ke POSBERITAKOTA, Rabu (13/1/2021).

Dalam pandangannya seperti ada pesan yang ingin disampaikan Presiden Jokowi adalah bahwa kinerja yang positif dan komitmen kepada keberagaman adalah kunci dalam membangun bangsa dan negara yang terdiri dari berbagai suku, agama dan kelompok.

Menurut Hery bahwa sosok Komjen Listyo yang kini menjabat Kabareskrim Polri, dikenal sebagai anggota Korps Bhayangkara yang hobi bersilaturahim dengan semua kalangan masyarakat. Termasuk selama menjabat sebagai Kapolda Banten, sehingga kedekatan itu sangat dirasakan oleh jajaran ulama Banten.

Ditambahkan lagi oleh salah seorang pendiri Majelis Dzikir Hubbul Wathon, keluwesan Listyo dengan ulama tidak dapat dilepaskan dari pengalaman sebelumnya dalam bertugas di daerah-daerah santri. Tiga di antaranya di Banten, Pati dan Solo.

Sebab itu, Herry berpandangan soal pengajuan nama Listyo dapat membawa angin segar bagi integrasi bangsa dan kolaborasi antarelemen yang memang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Sedianya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mengikuti uji kepatutan pada Minggu (17/1/2021). Hery pun yakin proses itu bakal dilalui dengan baik. Semoga atas kepercayaan itu bisa sebagai modal dasar untuk memperkuat integrasi bangsa.

Di sisi lain, Hery juga mengungkapkan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia adalah negara dengan mayoritas Muslim yang mengerti dengan kehendak zaman dan siap menjadi contoh serta rujukan bagi dunia. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here