Tersebar di 23 Rumah Sakit Daerah, PEMPROV JABAR Lakukan Vaksinasi bagi 3.300 Tenaga Kesehatan

POSBERITAKOTA (BANDUNG) – Langkah cepat ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar). Mulai hari ini Sabtu (30/1/2021) melakukan vaksinasi COVID-19 secara massal kepada ribuan tenaga kesehatan (Nakes) di daerah tersebut. Baik di Politeknis Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung maupun di 23 rumah sakit (RS) daerah.

“Pelaksanaan vaksinasi massal kepada Nakes ini, jumlah keseluruhan mencapai 3.300 orang yang akan mendapat vaksin tahap pertama sampai nanti Hari Senin (1/2/2021),” terang Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat kepada wartawan, Sabtu (30/1/2021).

Ditambahkan dia bahwa dalam vaksinasi COVID-19 kali ini, tenaga kesehatan tidak harus menunggu pesan singkat dari Pemerintah untuk mengikuti program tersebut. Mereka tinggal mendaftar secara langsung melalui fasilitas kesehatan setempat atau melalui laman bit.ly/vaksinasinakes.

Sedangkan tujuan dari pelaksanaan program ini, kata Setiawan lagi, agar jumlah tenaga kesehatan yang mendapat vaksin lebih banyak. Hingga saat ini pendaftaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan masih dibuka, namun ada juga dari mereka yang belum terdaftar bisa segera mengajukan diri.

Menurut Setiawan untuk tenaga kesehatan dapat datang langsung ke rumah sakit yang ditentukan dengan membawa kartu pengenal serta kartu tanda penduduk. “Pihak Pemprov Jabar menargetkan agar vaksinasi tahap pertama kepada nakes bisa selesai dalam satu pekan. Dengan demikian, dua pekan setelahnya vaksinasi tahap dua bisa berlangsung lancar,” harapnya.

Ditegaskan Setiawan bahwa tenaga kesehatan harus sesegera mungkin divaksin. Karena, mereka juga ada tugas menjadi juru imunisasi atau tugas lainnya dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Target pada tahap pertama sekitar 87 ribu vial vaksin COVID-19 sudah disebar ke tujuh daerah. Sementara untuk tahap kedua 253 vial vaksin dikirim ke-27 Kabupaten/Kota. ■ RED/DONO DARSONO/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here