Terobos Banjir ke Daerah Terisolisir, LEGISLATOR PKB Serahkan Bantuan Total Rp 250 Juta di Wilayah Pamanukan Subang Jawa Barat

POSBERITAKOTA (SUBANG) – Legislator (anggota DPR RI) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Maman Imanulhaq, menyerahkan amanah bantuan uang senilai Rp 250 juta ke sejumlah tempat di wilayah Pamanukan, Subang, Jawa Barat. Sumbangan lain berupa obat-obatan, pakaian layak pakai serta Sembako – juga ikut diberikan kepada para korban banjir yang tengah berharap bantuan.

Dalam kesempatan itu atau tepatnya Kamis (11/2/2021) kemarin, Kang Maman yang merupakan sapaan akrab dari KH Maman Imanulhaq, terpaksa nekad memberanikan diri menerobos air yang belum surut di lokasi banjir di Desa Mulyasari, Pamanukan, Subang.

Menuju sasaran yang pertama terhadap penerima bantuan, rombongan Kang Maman mendatangi Pondok Pesantren Al-qalam yang dipimpin KH Ahmad Muhammad yang dilanda banjir. Bahkan dari keterangan KH Ahmad bahwa untuk kondisi banjir tahun 2021 ini, hampir enam kali lipat lebih besar ketimbang saat kejadian banjir pada tahun 2014 silam.

Ada terlihat kesedihan yang mendalam, manakala Kang Maman dan rombongan harus melewati arus banjir yang lumayan deras. Padahal demi menemui para pengungsi yang didominasi oleh kaum perempuan dan juga anak-anak, akhirnya bisa menuntaskan amanah untuk menyampaikan bantuan dari PKB tersebut.

Dikatakan Kang Maman bahwa persoalan banjir besar di wilayah Subang (Jawa Barat) harus diatasi dengan cara meningkatkan kualitas sarana prasarana sungai dan memperbaiki beberapa tanggul. Apalagi setelah menyaksikan langsung desa-desa di daerah Pagaden Barat serta mendapati beberapa rumah roboh yang disebabkan akibat terjangan banjir.

Karena itu, Kang Maman yang dikenal pula sebagai Ketum Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA), menegaskan bakal memberikan bantuan. “Tujuan agar rumah-rumah tersebut, bisa kembali dibangun dan ditempapi secara layak huni,” tuturnya.

Sedangkan Unang, salah seorang warga, menyambut gembira. Ia ditunjuk menjadi perwakilan dari daerah Subang – Sumedang – Majalengka, untuk menerima langsung bantuan. Posko Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Pamanukan, juga dijadikan sentra pemberian bantuan.

KH Maman Imanulhaq yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mizan, itu langsung menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 250 juta. Acara itu sendiri disaksikan oleh Ketua BPBD H Hidayat, Wakapolres Subang dan Dandim Subang Letkol Arh Edi Maryono.

Pada penghujung kegiatan penyaluran bantuan di Subang, Kang Maman bertemu pula dengan para relawan yang terdiri dari anak-anak muda dari mahasiswa Unpad dari Subang atau Kompas juga yang tergabung dalam wadah Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA).

Kantor PCNU tak lupa dikunjungi Kang Maman dan rombongan. Bahkan diterima langsung oleh Ketua PCNU Kyai Satibi serta kaum Muslimat NU. Di situ diserahkan bantuan uang senilai Rp 20 juta untuk pembangunan Gedung Muslimat NU dan juga obat-obatan untuk korban banjir.

Sementara Camelia Panduwinata Lubis selaku Bendahara Umum KITA, mengaku sangat prihatin dan berempati manakala ikut mendampingi Kang Maman ke lokasi bencana banjir, khususnya di Desa Mulyasari Pamanukan, Subang, Jawa Barat.

“Sumbangan tersebut demi untuk mengurangi kesulitan mereka para korban banjir. Apalagi, mereka dipastikan kesulitan mendapatkan bahan makanan berupa Sembako, akibat terisolisir banjir,” ucap Camelia kepada POSBERITAKOTA, Jumat (12/2/2021) siang. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here