32.9 C
Jakarta
19 April 2024 - 12:07
PosBeritaKota.com
Nasional

Ada 13 Perusahaan Dukung PON Papua, ERICK THOHIR Tegaskan Komitmen BUMN Dukung Olahraga Indonesia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, Erick Thohir, menegaskan komitmen kementerian yang dipimpinnya di dalam membantu pengembangan olahraga di Tanah Air. Bantuan tersebut merupakan bagian dari peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan Indonesia.

“Olahraga merupakan salah satu aspek kehidupan yang memberikan dampak langsung secara luas. Sudah barang tentu selalu menjadi perhatian dari BUMN,” tegas Erick Thohir dalam pemaparan yang disampaikannya di acara Seminar Olahraga Nasional bertajuk ‘Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism dan Tuan Rumah Olimpiade 2032‘ di Hotel Pulmann, Jakarta, Rabu (24/3). Acara itu sendiri diadakan oleh Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat.

Dikatakannya bahwa pada akhir tahun 2020 lalu, Kementerian BUMN sudah memberikan penugasan kepada beberapa BUMN untuk membantu perkembangan dan pergelaran ajang olahraga prestasi di Indonesia.

Salah satunya tambah Erick Thohir, saat ajang Piala Dunia U-20, Kementerian BUMN menginstruksikan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk terjun langsung memberikan dukungan. Kemudian Pertamina ditugaskan berkontribusi di pentas MotoGP Mandalika. Begitu pula di pentas Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, BUMN di industri telekomunikasi, Telkom menjadi penanggungjawab.

Menurut Erick Thohir lebih lanjut bahwa hal tersebut sekaligus mendorong agar digitalisasi mencapai bagian timur Indonesia. Sedangkan Bank Mandiri bertugas menyukseskan event Kejuaraan Bolabasket Asia (FIBA Asia) 2021 yang merupakan pentas menuju Piala Dunia Bola Basket (FIBA World Basketball Championship 2023).

“Sedangkan khusus untuk cabang kebanggaan kita karena prestasinya yang sudah mendunia, tanggungjawab cabang bulutangkis diberikan kepada Bank BNI,” tuturnya, lagi.

Tak terkecuali pada pelaksanaan PON Papua. Meski waktu penyelenggaraannya diundur ke tahun 2021, namun komitmen BUMN tetap berjalan. Setidaknya, dikatakan Erick Thohir, ada 13 perusahaan BUMN terlibat mendukung penyelenggaraan PON untuk bidang Kelistrikan (PLN), Jaringan & Telekomunikasi (PT Telkom), Kebandarudaraan (Angkasa Pura I), Kepelabuhan (Pelindo IV), Sponsorship (BRI), Transportasi (Perum Damri, Pelni, PT Pos Indonesia), Infrastruktur (PP) dan Logistik (PT Bhanda Ghara Reksa/BGR).

Selain mempersiapkan infrastuktur yang dibutuhkan, alokasi pendanaan juga diberikan oleh perusahaan BUMN untuk sektor yang tidak mendapat anggaran dari pemerintah daerah sebagai penyelenggara. Misalnya, Pelindo IV memberikan pembiayaan Rp 13 Miliar dari investasinya, lalu PLN membangun jaringan distribusi, Unit Gardu Mobile, UPS Mobile, dan Genset yang bernilai Rp 246 Miliar. Bahkan pembangunan Pembangunan Stadion Utama Provinsi Papua yang bernilai Rp 1,3 Triliun dan Istora PON Papua 2020 senilai Rp 278 Miliar juga didukung oleh PP.

Apa yang diungkapkan itu semua, kata Erick Thohir, tentu saja sebagai wujud untuk menunjukkan bahwa BUMN memiliki kepedulian tinggi terhadap pembangunan olahraga nasional. Membangun nilai ekonomi dan sosial, dengan olahraga menjadi bagian di dalamnya, menjadi prioritas pertama dari Lima Prioritas Kementerian BUMN.

“Olahraga yang merupakan elemen penting dalam membangun bangsa bagi Kementerian BUMN masuk dalam klasifikasi Proyek Strategis, sehingga tanggungjawab BUMN besar terhadap olahraga,” papar Erick Thohir, lagi.

Kebijakan Kementerian BUMN terhadap olahraga sebagai Proyek Strategis mendorong agar setiap perusahaan BUMN tetap bertanggungjawab mendukung olahraga melalui pembiayaan Public Service Obligation (PSO) melalui formalisasi pembiayaan pemerintah. Hal ini bertujuan agar kedua entitas, baik perusahaan BUMN dan olahraga nasional, bisa saling berkolaborasi dan sinergi dalam mencapai tujuan.

Sementara di bidang Sport Tourism, perhatian BUMN juga besar. Sebab event olahraga yang dikemas dengan pariwisata berkembang pesat, terutama sejak 2019. Erick mencatat ada 15 event olahraga yang diikuti oleh atlet profesional dan nasional, antara lain Krui World Surfing League di Lampung, Tour de Linggarjati, Bintan Triathlon, dan banyak lagi.

“Terkait sport tourism, BUMN mendukung wisata kebugaran yang merupakan bagian dari sport tourism. Apalagi data dari sebuah konsultan olahraga menyebutkan bisnis ekonomi kesehatan global berada di kisaran 2 triliun dolar AS. Ia ingin BUMN ambil bagian dalam hal itu,” beber dia.

Erick Thohir juga berharap pandemi COVID-19 segera berakhir, agar perhatian kepada aspek olahraga bisa lebih besar. Sebab, saat ini fokus Pemerintah dan Kementerian BUMN adalah memerangi COVID-19 yang antara lain melalui vaksinasi dan kampanye hidup sehat.

“Diharapkan ini mendapat respons positif dari masyarakat sehingga semua rencana kita untuk membangun kembali ekonomi dan kehidupan sosial, dengan olahraga memegang peran penting di dalamnya, bisa terwujud. Sebab kemajuan olahraga adalah indikator kemajuan bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal Sembiring Depari menanggapi pemaparan Menteri BUMN dengan menyoroti target Indonesia pada Olimpiade 2032. Menurut Atal yang juga pernah memimpin Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat, harus ada dukungan penuh untuk olahraga.

Karenanya, ia berharap dengan latar belakang Erick yang merupakan mantan Ketua PP Perbasi dan Ketua KOI bisa berperan besar untuk ini. Sebab, beliau tahu persis kebutuhan olahraga Tanah Air. Erick bisa membuat kalibrasi seberapa besar BUMN bisa mendukung olahraga Indonesia. “Harapan saya BUMN turun gunung mendukung dengan terstruktur, tidak tentatif sebelumnya,” tutur Atal.

Sementara itu Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa, mengatakan bahwa Menteri BUMN tentu mengetahui kebutuhan pembiayaan olahraga bahwa pembinaan tak bisa instan, butuh perencanaan panjang. Sehingga, ia berharap dukungan BUMN tak cukup 4 tahun, tapi minimal 8 tahun.
Bantuan tidak bisa diberikan sama rata, harus dilihat usaha dari cabang itu sendiri. Jangan sampai dana itu hanya untuk belas kasihan, tapi disalurkan secara profesional dan berdasarkan prestasi.

Ariwangsa pun sambil merujuk model pembiayaan olahraga di Korea Selatan dan Jepang yang didukung oleh perusahaan-perusahaan lokal setempat. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Saat di Sawah, PETANI BREBES jadi Korban Bencana Tanah Longsor

Redaksi Posberitakota

Hambat Mantan Napi Nyaleg, HAMDAN ZOELVA Tuding KPU Terlalu Genit

Redaksi Posberitakota

Dalam 10 Tahun Terakhir, LPDB KUMKM Gelontorkan Dana Rp 211 Miliar di Sumsel

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang