Soal Tradisi Sungkem, YUNNI SARAH & KRISDAYANTI Sepakat Harus Diutamakan Saat Hari Raya Idhul Fitri

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Apa kaitannya Hari Raya Idhul Fitri (Lebaran-red) dengan tradisi sungkem? Jelas ada! Karena dalam kehidupan masyarakat Jawa, kebiasaan atau tradisi tersebut, hampir menjadi hal yang harus diutamakan. Yakni memohon maaf atas segala kesalahan kepada orangtua yang masih hidup.

Yunni Shara, penyanyi spesial tembang-tembang lawas yang top di era 90-an itu, mengaku setiap Lebaran wajib melakukan tradisi sungkem kepada orangtua. Bahkan hal itu harus dilakukan yang pertama, sebelum bermaaf-maafan dengan orang lain.

“Orangtua kan masih ada. Jadi, ya harus diutamakan. Untuk meminta maaf atas segala kesalahan,” tutur pelantun tembang ‘Mengapa Tiada Maaf‘ itu kepada POSBERITAKOTA, Kamis (22/4/2021).

Ditambahkan kakak kandung Krisdayanti tersebut, momentum Lebaran sungguh sangat terindah. Setelah sebulan penuh menjalani puasa di bulan suci Ramadhan, umat Islam diberi kesempatan untuk bermaaf-maafan. “Jadi, di situlah bisa melebur dosa-dosa kita sebelumnya,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Krisdayanti (KD), saat diminta pendapatnya soal tradisi sungkem di Hari Lebaran. Ia bilang seorang wajib datang atau mengunjungi orangtuanya untuk meminta maaf pada Hari Raya Idhul Fitri.

“Saya selalu datang ke ibu dan sekaligus mengunjungi kakak. Karena, kami kan merupakan saudara sekandung satu ibu. Nah, kalau sudah kumpul di Hari Lebaran, waduh ramainya bukan main,” tuturnya.

KD yang kini hidup rukun bersama Raul Lemos, pria asal Timor Leste tersebut, mengaku selalu mengutamakan tradisi sungkem kepada orangtua. “Setelah itu, baru bisa bebas kemana pun pergi atau jika punya acara,” pungkas anggota DPR RI tersebut. ■ RED/AGUS SANTOSA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here