Serius Disoroti Warganet & Jadi Trending Topic, KERUMUNAN PANTAI ANCOL Dikhawatirkan Mirip Kasus ‘Sungai Gangga’ India

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sepekan sebelum Lebaran (Hari Raya Idhul Fitri 1442 H), sebenarnya sudah jadi pembicaraan hangat di masyarakat. Termasuk aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya dan anggota DPRD DKI Jakarta. Sampai harus mewanti-wanti agar operasional tempat wisata di Ibukota ditiadakan alias ditutup saja.

Pasalnya, jika dipaksa dibuka, TIJA (Taman Impian Jaya Ancol) yang dikenal dengan wisata pantainya bakal mengundang kerumunan para pengunjung. Dan, ternyata benar, kok jadi mirip-mirip yang pernah terjadi dalam kasus ‘Sungai Gangga‘ di India. Akibat dari situ, penularan COVID-19 menyebabkan kematian banyak orang.

Pantai Ancol pada Kamis (13/5) dan Jumat (14/5) nampak dipadati ribuan pengunjung yang tentu saja sangat mengkhawatirkan. Oleh karenanya warganet pun menyorotinya dengan serius. Tidak heran jika kemudian meluas serius dibicarakan para netizen dan menjadi trending topic di Twitter. Nah, lho!

Foto-foto yang membandingkan kejadian ‘Sungai Gangga‘ di India dengan ‘Pantai Ancol’, juga bersliweran di group WhatsApp (WA). Mereka bilang Pemprov DKI Jakartakecolongan‘, tak mau belajar dari kasus ‘Sungai Gangga‘ di India.

Akun @AntoniRaja mencuit Hari kedua lebaran Ancol. Setidaknya dikunjungi 39 ribu wisatawan. Gak bisa ngomong. Semoga kalian sehat2 saja. Rem darurat mana? Rem darurat??? Begitu twit dari Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja J Antoni, Sabtu (15/5/2021).

Dalam festival mandi massal di Sungai Gangga atau yang disebut Festival Kumbh Mela, tak ayal jika lantas disebut sebagai super spreader tsunami COVID-19 di India. Warga masyarakat yang hadir tak bermasker. Akibatnya, Sungai Gangga kini dipenuhi mayat pasein COVID-19.

Sedangkan dalam laporan pemberitaan media, disebutkan bahwa pengunjung Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), sebenarnya sudah dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas maksimal sekitar 40.000 dari normalnya 120.000 orang. Namun dari dua hari Lebaran, yakni pada Kamis dan Jumat (13-14/5/2021) pengunjung tempat wisata itu, dipadati sampai 70 ribu orang atau pengunjung.

Berikut ada dua twit masing-masing dari akun @PardedeReza666 membuat sindiran, FOMO saat ini adalah Fear of Missing Out kena Covid-19. Nikmati saja. Selanjutnya dari akun @MurthadaOne1, misalnya mengunggah dua foto Sungai Gangga dan Pantai Ancol dengan pesan, kiri (gambar Sungai gangga) penyebab tsunami COVID-19 di India dan kanan (gambar Ancol) adalah Ancol pada 14 Mei 2021.

Merespon kekhawatiran, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol sendiri lantas menghentikan operasi kawasan tersebut pada hari ketiga libur Lebaran 1442 Hijriah atau Sabtu (15/5/2021). Teuku Sahir selaku Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, berjanji akan melakukan evaluasi. ■ RED/TAG/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here