PosBeritaKota.com
Sport

Sarangkan Gol Tunggal, BELGIA Bikin Keok Juara Bertahan Portugal Pulang Lebih Cepat dari Ajang Euro 2020

SEVILLA (POSBERITAKOTA) – Nasib tragis menimpa Tim Portugal, sang juara bertahan Piala Eropa sebelumnya. Kemenangan Belgia diperoleh berkat menyarangkan gol tunggal saat tarung babak 16 Besar, di Stadion La Cartuja di Sevilla, Spanyol, Senin (28/6/2021) dinihari WIB.

Thorgan Hazard boleh dibilang sebagai pahlawan. Mampu mencetak gol di menit ke-43 dari sisi kiri luar kotak penalti yang menembus gawang Portugal yang dijaga Rui Patricio. Sebelumnya, pertandingan berlangsung saling serang.

Sejatinya, Portugal sebagai juara di Piala Eropa 2016 silam, terus menyerang untuk memaksa hasil imbang. Sayangnya, berkali-kali melancarkan serangan, namun tim Selecao dimentahkan oleh penampilan gemilang kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Sedangkan Belgia justru lebih banyak menguasai bola dan bahkan terus mencoba menyerang. Sampai menit ke-18, pertahanan disiplin Portugal masih belum mampu ditembus tim Setan Merah.

Baru di menit ke-19, Eden Hazard mencoba mencari ruang ke dalam kotak Portugal, namun tendangannya diblok Palhinha. Jangan heran jika Portugal mengawali ancaman ke gawang Belgia di menit keenam, melalui Renato Sanches yang berlari melalui tengah lapangan dan kemudian memberi bola Jota dan berlari ke sisi kiri kotak penalti, namun usahanya meleset jauh ke gawang.

Begitu pun di menit ke-24, Cristiano Ronaldo melepaskan tendangan bebas ke arah gawang, namun masih bisa diantisipasi Courtois. Saat Portugal giliran menekan, dengan memanfaatkan Diogo Jota yang menusuk ke kotak Belgia.

Justru pada menit ke-36, Belgia melakukan serangan balik cepat. Lukaku membawa bola menuju kotak, namun akhirnya ia kehilangan bola ketika mendekati garis penalti Portugal.

Kondisi tertinggal satu gol di babak kedua, Portugal mencoba menambah daya serang mereka. Bahkan sampai harus memasukan dua pemain sekaligus, Joao Felix dan Bruno Fernandes.

Lantas, di menit ke-57 sebuah umpan terobosan dari Ronaldo menuju ke arah Jota yang masuk ke dalam kotak. Ternyata belum beruntung, karena tendangan pemain Liverpool tersebut malah melambung di atas gawang.

Padahal, Felix juga mendapat kesempatan menyundul bola ke arah gawang Belgia di menit 61, tetapi berhasil ditangkap Courtois.

Selang dua menit kemudian, gantian Belgia balas menyerang melalui kerjasama Eden Hazard dan Lukaku, namun tendangan penyerang Inter Milan itu masih di atas gawang Portugal. Termasuk di menit 82, Dias menyambut umpan silang Fernandes dengan sundulan keras, beruntung Courtois sukses menepisnya. ■ RED/APRILIO R/AYID SUYITNO PS

Related posts

Resolusi di MotoGP 2018, MAC MARQUEZ Kepengen Pertahankan Gelar Juara

Redaksi Posberitakota

Juventus Ajukan Tawaraan ke Milan untuk Rekrut De Sciglio

Redaksi Posberitakota

Torres Pilih Bertahan dengan Teken Kontrak Baru di Atletico

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment