PosBeritaKota.com
Megapolitan


PENGAMANANNYA MEMANG BERBEDA, KAPOLDA METRO JAYA : KERUMUNAN DI MALAM TAHUN BARU DITINDAK SEKALIGUS DENGAN MOTORNYA

JAKARTA (POSBERITAKOTA)Polda Metro Jaya menggelar apel persiapan malam pergantian ‘Tahun Baru 2022′, bertempat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/12/2020) sore. Sedangkan apel tersebut diikuti oleh aparat gabungan Polri-TNI dan termasuk dari elemen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI serta sekaligus melepas Tim Pemburu COVID-19.

Apel itu sendiri digelar sejak pukul 16.30 WIB di Lapangan Promoter Ditlantas Polda Metro Jaya. Nampak terlihat dalam apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran.

Dalam sambutannya, Fadil menegaskan bahwa pengamanan malam pergantian ‘Tahun Baru 2022‘ kali ini memang agak berbeda. Hal itu disebabkan lantaran masih di bawah pandemi COVID-19. Jadi untuk konsep pengamanannya adalah ‘Car Free Night’ dan ‘Crowd Free Night‘.

“Pastinya, kita akan meminilisir kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang didukung Polda dan Kodam, tidak ada perayaan malam Tahun Baru,” tegas Kapolda Metro Jaya.

Karena itu pula, Fadil juga berpesan kepada Tim Pemburu COVID-19, agar tidak segan-segan menindak masyarakat yang masih berani berkerumun. “Apabila ada masyarakat yang masih bandel, tentu akan dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk dilakukan tes rapid antibodi dan antigen.

Polda Metro Jaya akan menerapkan ‘Car Free Night’ plus ‘Crowd Free Night‘ di dua titik di DKI Jakarta pada saat malam pergantian ‘Tahun Baru 2022′. Untuk kedua titik tersebut yakni di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan bahwa penerapan kebijakan tersebut akan dilakukan mulai tanggal 31 Desember 2020 mulai pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB. “Jadi, pelaksanakan Car dan Crowd Free Night dilaksanakan 2 ruas jalan utama yaitu Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur,” ucap Sambodo sehari sebelumnya, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Ditambahkan Sambodo pada pelaksanaan ‘Car Free Night’ nantinya, kendaraan baik roda empat maupun roda dua akan dilarang melintas. Begitu pula untuk para pesepeda. “Untuk Crowd Free Night berarti tidak ada kerumunan di Sudirman-Thamrin. Juga tidak boleh dilalui pejalan kaki, pesepeda dan sebagainya. Kita betul-betul akan melakukan sterilisasi di Jalan Sudirman-Thamrin dan jalan BKT,” paparnya.

Sementara itu untuk wilayah lainnya di Jakarta, menurut Sambodo, pihaknya akan melakukan Patroli Skala Besar dan akan membubarkan seluruh kerumunan yang terjadi.
Dalam penilaiannya potensi kerumunan selain di Sudirman-Thamrin dan BKT sangat mungkin terjadi. Hal ini lantaran tempat wisata biasa dipakai perayaan Tahun Baru ditutup. Karena itu, seluruh personel atau aparat gabungan akan menyisir melakukan pembubaran. ■ RED/GOES

Related posts

Dapat Beasiswa Sampai Lulus, 64 MUSTAHIK Lolos Seleksi Sekolah Cendekia BAZNAS

Redaksi Posberitakota

Saat Ketemu Wartawan, AGUNG YULIANTO Siap Jadi Pendamping Gubernur Anies

Redaksi Posberitakota

Tutup Exotic dan Sense, PEMPROV DKI Pakai Srikandi Satpol PP

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment