27.8 C
Jakarta
27 April 2024 - 00:06
PosBeritaKota.com
Daerah

DAPAT PERSETUJUAN SRI SULTAN HB X, KAWASAN MALIOBORO YOGYAKARTA BAKAL JADI PUSAT ATRAKSI SENI BUDAYA

YOGYAKARTA (POSBERITAKOTA) – Seperti telah kita ketahui bersama bahwa kawasan atau sepanjang selasar Malioboro Yogyakarta bakal dijadikan pusat atraksi seni budaya. Bahkan tekad tersebut sudah dibicarakan antara tingkat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Tak sampai di situ saja. Terkait rencana tersebut malah sudah diungkapkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X kepada wartawan ketika meninjau selasar Malioboro, pada pekan lalu. “Kegiatan itu kemungkinan bisa dua kali dalam seminggu, yakni Selasa dan Sabtu,” ucap Sri Sultan HB X.

Dikatakannya lebih lanjut bahwa atraksi-atraksi seni dan budaya sedianya bakal digelar di Teras Malioboro I dan II serta di sepanjang selasar Malioboro. Sedangkan Pemerintah Provinsi DIY sudah berkoordinasi secara intensif dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kegiatan pentas seni tersebut rencananya akan dijadikan acara rutin. Selain itu, kata Sri Sultan HB X, sejumlah program juga akan disusun oleh Balai Cagar Budaya dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

“Namun untuk programnya itu sendiri, baik berupa galeri seni, street art di sepanjang Malioboro maupun lain-lainnya. Jadi, biar nanti Pemkot Yogyakarta yang akan mengatur sendiri,” paparnya.

Pada bagian lain lagi, Sri Sultan HB X juga mengungkapkan bahwa perbaikan selasar Malioboro akan segera dilakukan yang meliputi perbaikan bangku-bangku kawasan pedestrian, pengecetan serta lainnya.

Begitu pula untuk sejumlah bangunan yang merupakan bagian dari cagar budaya atau heritage di Malioboro, termasuk yang akan direnovasi dalam waktu dekat ini. “Yang jelas, kami sudah bicara dengan pemilik toko bahwa fasad (bagian depan bangunan) mereka yang akan memperbaiki,” pungkasnya. ■ RED/SUPRAPTO S/EDITOR : GOES

Related posts

Gencar Melaksanakan Silaturahmi, POLSEK GANTAR INDRAMAYU Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Redaksi Posberitakota

Meresmikan Posko Pemenangan di Dapil III Jabar, TEH CAMEL Bertekad Melenggang ke Senayan

Redaksi Posberitakota

Di Indramayu, UPNV Jakarta & Universitas Technology MARA Malaysia Adakan Pelatihan Literasi Digital

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang