24.6 C
Jakarta
5 October 2022 - 02:42
PosBeritaKota.com
Internasional

Katalin Novak Resmi Menjabat Sebagai Presiden Pertama Hungaria dari Gender Wanita

BUDAPEST (POSBERITAKOTA) □ Disambut hangat oleh Janos Ader sebagai kepala negara sebelumnya, Katalin Novak resmi menjabat jadi Presiden Hungaria pertama dari gender wanita, Selasa (10/5/2022) kemarin. Suksesi atau peralihan pemimpin nasional negeri tersebut berlangsung lancar dan penuh khidmat.

Nampak baik Ader maupun Novak berbaris bersama di karpet merah ke pintu masuk kediaman atau Istana Sandor, tempat mereka masuk bersama. Parlemen akhirnya memilih Novak sebagai Presiden Hungaria pada 10 Maret yang baru lalu.

Seperti ditekadkan seusai Pemilihan Presiden (Pilpres) Hungaria, Novak mengutarakan bahwa dirinya ingin menjadi “Presiden Perdamaian“. Sedangkan untuk upacara pelantikan resmi akan berlangsung pada Sabtu (14/5) mendatang di Lapangan Kossuth di depan Parlemen.

Sosok Novak telah dipilih untuk mandat lima tahun. Kemudian, dapat dipilih kembali satu kali menurut Hukum Dasar. Namun untuk Janos Ader menjabat selama dua periode.

Menurut laporkan pihak ECNS CN, Rabu (11/5), Presiden Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Katalin Novak karena menjabat sebagai Presiden baru Hungaria. Ia mengatakan bahwa dirinya siap bekerjasama dengan mitranya untuk memajukan hubungan bilateral untuk kepentingan kedua negara.

Bahkan di dalam pesannya, Xi mengungkapkan terkait hubungan Tiongkok-Hungaria telah mempertahankan perkembangan tingkat tinggi dalam beberapa tahun terakhir, dengan pertukaran tingkat tinggi yang sering dan hasil yang bermanfaat dari kerjasama di semua bidang maupun koordinasi yang baik dalam urusan internasional dan regional.

Menekankan bakal sangat menghargai pengembangan hubungan kedua negara, Xi mengaku siap bekerja dengan Novak untuk memperdalam kepercayaan politik timbal balik dan persahabatan tradisional antara kedua negara.

Presiden Tiongkok itu juga meminta kedua pihak untuk memperdalam kerja sama di tingkat bilateral serta dalam kerangka kerja seperti Inisiatif Sabuk dan Jalan serta Kerjasama antara Tiongkok dan Negara-negara Eropa Tengah dan Timur untuk membawa kemitraan strategis komprehensif Tiongkok – Hungaria sampai ke tingkat yang baru. ■ RED/ECNS SN/ RIO/EDITOR : GOES

Related posts

Akh Masa Sih, PBB Sebut Ada Hampir 8 Juta Orang Dilanda Bencana Kelaparan di 4 Negara Amerika Latin

Redaksi Posberitakota

Waspadalah, WHO Deteksi Ada 200 Kasus Cacar Monyet Lebih di 20 Negara

Redaksi Posberitakota

PETENIS DUNIA ASAL JEPANG, NAOMI OSAKA JANJI SUMBANGKAN PENGHASILANNYA UNTUK KORBAN GEMPA HAITI

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang