28.9 C
Jakarta
17 August 2022 - 11:46
PosBeritaKota.com
Nasional

Di Lumajang Jatim, SEBANYAK 340 HUNIAN SEMENTARA Dibangun BAZNAS untuk Penyintas Gunung Sumeru

LUMAJANG (POSBERITAKOTA) □ Sebanyak 340 hunian sementara (Huntara) untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dibangun Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI. Sedangkan pembangunan Huntara, Senin (18/7/2022) kemarin, ditandai dengan peletakan batu pertama yang berada di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai (BSD), Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

“Pada hari ini, saya mewakili BAZNAS RI, semoga proses pembangunan Huntara diberikan kelancaran,” ucap Deputi II BAZNAS RI, Dr HM Imdadun Rahmat M.Si dalam keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Selasa (19/7/2022).

Imdadun menjelasakan bahwa BAZNAS merupakan lembaga yang bertugas sebagai pelaksana atau penyambung amanah dari para muzaki atau donatur untuk menyalurkan infak dan sedekahnya. Maka, melalui donasi yang disalurkan para muzaki, bantuan ini diberikan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang benar-benar membutuhkan bantuan.

“Tentunya sebagai badan amil zakat negara, kami akan terus menjalankan amanat sebaik-baiknya dari para muzaki. Tujuannya agar zakat yang dititipkan kepada kami betul-betul bermanfaat bagi penerima dan sekaligus memberikan dampak nyata perbaikan hidup dalam mengatasi masalah kebutuhan primer, hingga zakat itu benar-benar bisa dikembangkan menjadi program produktif yang berjangka panjang untuk masyarakat,” paparnya.

Ditambahkan Imdadun, sejak erupsi yang terjadi pada awal Desember lalu, BAZNAS langsung menerjunkan tim untuk memberikan aksi pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat sekitar Gunung Semeru, seperti evakuasi, pelayanan dapur umum, dapur air, pelayanan kesehatan psikososial dan lainnya.

“Sebab yang menjadi fokus BAZNAS adalah bagaimana membangkitkan masyarakat terdampak erupsi agar bisa bangkit seperti semula. Kemudian yang terkini, BAZNAS ingin mengembalikan kehidupan masyarakat agar kembali normal, salah satunya melalui pembangunan huntara ini,” tutur dia.

Sebagai harapannya bentuk bantuan Huntara ini dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru. “Semoga bantuan ini menjadi daya ungkit untuk mengembalikan kehidupan normal bagi para korban bencana dan lebih jauh dari itu, yakni bisa meningkatkan taraf kehidupannya,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Lumajang, Basuni, menuturkan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada BAZNAS RI yang telah memberikan bantuan huntara untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan bantuan 340 Huntara yang akan dibangun di kawasan relokasi ini, bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat penyintas Gunung Semeru,” tuturnya.

Basuni mengungkapkan bahwa Pemkab Lumajang setiap menerima bantuan untuk pembangunan Huntara, pihaknya pasti akan segera diserahkan kepada BAZNAS yang kemudian disalurkan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan huntara dan fasilitas yang ada di kawasan relokasi. ■ RED/GOES

Related posts

Dukung Pemerintah Bubarkan FPI, PKB & KH MAMAN IMANULHAQ Minta Umat Islam Kuatkan Komitmen Dakwah Ramah

Redaksi Posberitakota

Hadapi Tugas Besar, KAPOLDA BANTEN Pimpin Sertijab Kapolres-Direktur-Kabid

Redaksi Posberitakota

Hujan Angin Kencang, POHON KENARI Peninggalan Zaman Belanda Roboh di Banten

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang