PosBeritaKota.com
Entertainment

Setelah Tahun Lalu Secara Online, INDONESIA DRUM & PERKUSI FESTIVAL 2022 Kembali Digelar di Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Indonesia Drum dan Perkusi Festival (IDPFEST) bakal kembali digelar di tahun 2022 ini secara tatap muka. Demikian diungkapkan Ekki Soekarno selaku founder IDFEST dan ketua pelaksana dalam keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Kamis (21/7/2022).

“Jadi, patut disyukuri, IDPFEST di tahun 2022 ini, bisa kembali digelar. Bahkan secara offline. Meski begitu diharapkan peserta mematuhi protokol kesehatan secara ketat” terang Ekki Soekarno.

Seperti yang termaktub dalam siaran pers, panitia menyebutkan IDPFEST 2022 mengusung tema ‘Aura Jawa Tengah’. Sedangkan tempat dan waktu penyelenggaraan bertempat di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, 2 – 4 September mendatang.

IDPFEST diselenggarakan secara offline/ tatap muka dengan maksud dan tujuan :

  1. Memberikan ruang apresiasi, kreasi, inovasi, eksplorasi, kolaborasi, bagi anak, remaja, keluarga dan masyarakat pencinta seni musik, drum dan perkusi. Hal ini untuk mengembangkan seni budaya perkusi yang tertunda selama masa pandemi (hanya dapat dilakukan secara on line).
  2. Memberi bantuan, menyelenggarakan dan memberikan fasilitas pelatihan, pendidikan serta pengetahuan dan kegiatan di bidang kesenian kebudayaan, yang berhubungan dengan Musik, Drum dan Perkusi Indonesia.
  3. Menggugah dan Melatih bunyi-bunyian yang bersifat perkusif.
  4. Mempererat hubungan dan kekompakan keluarga dengan adanya kegiatan ini.
  5. Membantu teman-teman seniman dan IDP daerah agar tetap produktif dan berkarya.
  6. Mempersatukan Visi Musisi, Drummer & Perkusionis dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, ada serangkaian kegiatan dalam gelaran IDPFEST 2022, antara lain (1) Kompetisi Kolaborasi Drum & Perkusi, (2) Kompetisi Drum Anak, Kompetisi Drum Remaja, (3) Pameran Alat Musik, Drum dan perkusi Indonesia, (4) Klinik Edukasi Drum/ Perkusi Indonesia, (5) Pentas seni Budaya, (6) Indonesia Drum & Perkusi Orchestra, (7) Diskusi & Solusi.

  1. KOMPETISI KOLABORASI DRUM & PERKUSI

a. Mempersiapkan dan memainkan materi penilaian berupa 1 (satu) buah KOMPOSISI BEBAS tema RITME PERKUSI INDONESIA, (musik, vokal, atraksi seni budaya, dll.), total durasi Penampilan min. 6 menit dan max. 8 menit.

b. Alat Musik yang WAJIB terdapat dalam komposisi aransemen musik serta dimainkan adalah Drum dan salah satu dari Alat Perkusi Indonesia, selebihnya bebas.

c. Drum set tipe standard sudah disiapkan Panitia, Peserta Pemain Drum diperbolehkan membawa beberapa alat tambahan (Cymbal berikut stan/ Snare drum berikut stan/ Double pedal/ Throne –bangku drum/ Alat Perkusi lainnya).

d. Sesuai TEMA IDPFEST 2022 yaitu AURA JAWA TENGAH, Peserta WAJIB memasukan TEMA dalam komposisi/ aransemen minimal 8 birama.

e. Jumlah peserta dalam group minimal 2 orang, maksimal 12 orang dan tidak ada batasan usia.

f. Pendaftaran disertai lampiran2 via link google form yang terdapat di seluruh media sosial IDPFEST.

g. Mentransfer biaya pendaftaran Rp. 400.000,- ke ac. BCA 4740882088 an. Yayasan Indonesia Drum dan Perkusi ; simpan bukti transfer untuk di unggah pada link google form.

h. Peserta mendapat DUA buah kaos IDPFEST yang WAJIB DIPAKAI oleh Peserta Pemain Drum dan Peserta Pemain Perkusi Indonesia pada saat kompetisi dan saat tampil apabila terpilih menjadi Terbaik Pertama.

i. Sesuai Tema IDPFEST 2022 yaitu AURA JAWA TENGAH, DUA Peserta yang memakai kaos IDPFEST, WAJIB memakai salah satu attribute/ ornamen dari daerah Jawa Tengah (contoh : blangkon, celana jawa, kain jawa yang hanya diikat di pinggang, dll.) pada saat kompetisi dan saat tampil apabila terpilih menjadi Terbaik Pertama.

j. Peserta WAJIB mematuhi Protokol Kesehatan : Sudah vaksin minimal 3 x (berikut vaksin booster), Tidak dalam kondisi demam (suhu badan normal), Menggunakan Masker pada saat kehadiran di lokasi, Mencuci tangan pada saat kehadiran,sebelum dan sesudah tampil.

k. Peserta masuk Final WAJIB HADIR di acara Pengumuman Peserta Terbaik seluruh Kategori Kompetisi dan WAJIB TAMPIL bagi Peserta Terbaik Pertama setiap Kategori.

  1. KOMPETISI DRUM ANAK/ DRUM REMAJA/ DEWASA :

a. Mempersiapkan dan memainkan materi penilaian 1 (satu) buah Komposisi LAGU BEBAS (minus
drum) durasi max. 5 menit dan 1 (satu) buah Komposisi SOLO DRUM durasi min. 3 menit dan max. 4 menit dengan Tema RITME BEBAS/ RITME NUSANTARA.

b. Sesuai TEMA IDPFEST 2022 yaitu AURA JAWA TENGAH, Peserta WAJIB memasukan TEMA dalam komposisi SOLO DRUM minimal 8 birama.

c. Drum set tipe standard sudah disiapkan Panitia, Peserta hanya boleh membawa 3 (tiga) alat tambahan sesuai kebutuhan (1 Cymbal berikut 1 Stan/ 2 Cymbal berikut 1 Stan/ Snare drum berikut stan/ Double pedal/ Throne – bangku drum/ Alat Perkusi lainnya

d. Batasan usia Kategori Drum Anak : 6 – 12 tahun.

e. Batasan usia Kategori Drum Remaja : 13 – 19 tahun.

f. Batasan usia Kategori Drum Dewasa : 20 tahun keatas

g. Pendaftaran disertai lampiran2 via link google form yang terdapat di seluruh media sosial IDPFEST.

h. Mentransfer biaya pendaftaran Rp. 300.000,- ke ac. BCA 4740882088 an. Yayasan Indonesia Drum dan Perkusi ; simpan bukti transfer untuk di unggah pada link google form.

i. Peserta mendapat SATU buah kaos yang WAJIB DIPAKAI oleh Peserta pada saat kompetisi dan saat tampil apabila terpilih menjadi Terbaik Pertama.

j. Sesuai Tema IDPFEST 2022 yaitu AURA JAWA TENGAH, Peserta WAJIB memakai salah satu attribute/ ornamen dari daerah Jawa Tengah (contoh : blangkon, celana jawa, kain jawa yang hanya diikat di pinggang, dll.) pada saat kompetisi dan saat tampil apabila terpilih menjadi Terbaik Pertama.

k. Peserta WAJIB mematuhi Protokol Kesehatan : Sudah vaksin minimal 3 x (berikut vaksin booster), Tidak dalam kondisi demam (suhu badan normal), Menggunakan Masker pada saat kehadiran dilokasi, Mencuci tangan pada saat kehadiran,sebelum dan sesudah tampil.

l. Peserta masuk Final WAJIB HADIR di acara Pengumuman Peserta Terbaik seluruh Kategori Kompetisi dan WAJIB TAMPIL bagi Peserta Terbaik Pertama setiap Kategori Mempersiapkan dan memainkan materi penilaian 1 (satu) buah Komposisi LAGU BEBAS (minus drum) durasi max. 5 menit dan 1 (satu) buah Komposisi SOLO DRUM durasi min. 3 menit dan max. 4 menit.

PENDAFTARAN KOMPETISI :

Menurut Thomas Della Manggala, Bidang Humas IDPFEST 2022, keterangan lengkap pendaftaran kompetisi melalui link google form : https://bit.ly/3ATDeDf. Pendaftaran dimulai sejak 16 Juli 2022 dan ditutup 13 Agustus 2022. ■ RED/REL/ALDI/ EDITOR : GOES

Related posts

Go-Internasional, CINTA LAURA : Tambah Koleksi Main Film Hollywood

Redaksi Posberitakota

Sudah Pastikan 10 Nopember di Jakarta, DELON THAMRIN Ajak Aida Chandra ke Pelaminan

Redaksi Posberitakota

Bathara Saverigadi Sukses Garap Drama Tari Kolosal ‘Indonesia Jaya’

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang