31.8 C
Jakarta
23 April 2024 - 18:51
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Auditorium Kampus UIN Jakarta, IMAM BESAR MASJID ISTIQLAL Pimpin Salat Jenazah Prof Azyumardi Azra

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Sebelum dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan – jenazah Prof Azyumardi Azra, disalatkan di kompleks Kampus I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedangkan salat jenazah dipimpin langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prod Dr KH Nasarudin Umar, MA, Selasa (20/9/2022) pagi.

Dari pantauan POSBERITAKOTA, nampak hadir pada salat jenazah antara lain Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Menurut rencana inspektur upacara pemakaman Prof Azyumardi adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, saat nanti dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, jenazah Guru Besar UIN Jakarta ini tiba dari Malaysia pada Senin (19/9) malam. Dari Bandara Soekarno-Hatta jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan untuk disemayamkan.

“Almarhum cendekiawan muslim yang diterima semua pihak dengan integritas yang luar biasa dan ajaran-ajaran beliau tentang demokrasi humanisme itu mempunyai nilai yang menginspirasi generasi muda,” komentar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di rumah duka Ciputat Timur, Tangerang Selatan, semalam.

Melalui kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga mengaku sering mengundang almarhum menjadi pengajar di Golkar Institute. “Terutama untuk menjadi pengajar di Golkar Institute, program pengkaderan terhadap tokoh tokoh muda. Bahkan dalam setiap kuliah yang diberikan beliau, para siswa sangat antusias dan hari ini kita lihat bunganya (karangan bunga belasungkawa) hampir satu kilometer. Artinya, beliau sangat diterima oleh kalangan yang luas,” tutur dia, lagi.

Sementara kepergian Prof Azyumardi Azra ke Malaysia untuk menghadiri undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) pada acara Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September 2022.

Dalam perjalanan mengalami sesak napas dipesawat menuju Kuala Lumpur sehingga dilarikan ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, sejak Jumat (16/9/2022) sore. Selanjutnya, mendapatkan perawatan intensif di Coronary Care Unit (CCU) Rumah Sakit Serdang, pada Sabtu (17/9/2022) hingga mengembuskan napas terakhir pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat. ■ RED/TB DEVI IR/EDITOR : GOES

Related posts

Berizin Rumah Tinggal, 3 BANGUNAN RUKO di Cipinang Muara Dibongkar Satpol PP Jaktim

Redaksi Posberitakota

Ada Demo di Stasiun KA Bekasi, RATUSAN MAHASISWA Suarakan Penolakan UU Cipta Kerja

Redaksi Posberitakota

Bagi Anak Balita Pedagang, PAUD Didirikan di Tengah Pasar

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang