32.1 C
Jakarta
25 April 2024 - 13:20
PosBeritaKota.com
Syiar

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, EPISTEMOLOGI MAKRIFAT (2)

OLEH : PROF. DR. KH. NASARUDDIN UMAR, MA

PENGETAHUAN yang diperoleh melalui nalar disebut dengan ilmu (‘ilm) dan pengetahuan yang diperoleh melalui olah batin disebut makrifat (ma’rifah). Secara kebahasaan, kata ‘ilm berasal dari akar kata alima-ya’lamu, berarti mengetahui. Seakar kata dengan ‘alam, berarti tanda, petunjuk, bendera. ‘Alamah berarti alamat atau suatu tanda yang melalui dirinya dapat diketahui sesuatu yang lain (ma bihi ya’lamu al-syai).

Dalam pembahasan terdahulu tengang alam dijelaskan segala sesuatu selain Allah (ma siwa Allah) adalah alam. Alam adalah tanda menunjuk kepada (adanya) Allah SWT Alam juga sekaligus memberikan kesadaran dan pengetahuan tentang Allah SWT. Dari segi kebahasaan dapat ditangkap makna ‘ilm dan ‘alam memiliki konotasi fisik dan mekanik (hushuli).

Sedangkan makrifah berasal dari ‘arafu-yu’rufu, memiliki berbagai makna yang lahir daripadanya, antara lain, mengetahui dan mengenal lebih dalam (i’rfah), pengakuan dosa (i’tiraf), wukuf di Arafah (‘arrafah al hujjaj), Padang Aracah (‘arafat), tempat antara surga dan neraka (a’raf), bersetubuh (‘arafah al-ma’ah), saling mengenal satu sama lain (ta’adif, warisan tradisi lama yang posifif (‘urf), terkenal, masyhur (ma’ruf), ilmu pengetahuan luas (ma’arif) dan pengetahuan yang mendalam serta komprehensif (‘irfan/ma’rifah). Dari segi kebahasaan dapat dipahami makna makrifat memiliki konotasi lebih tinggi dan agung (hudhuri).

Dengan perbedaan tersebut, dengan sendirinya antara ilmu dan makrifat memiliki ontologi, epistemologi dan aksiologi yang berbeda satu sama lain. Perbedaan ini bisa dipahami melalui perbedaan antara ilmu-ilmu hushuli dan ilmu-ilmu hudhuri.

Secara ontologi, ilmu (‘ilm) masih lebih banyak berkutat pada wilayah logika manusia. Referensi yang digunakan untuk memahami ilmu juga masih bersifat fisik dan fisual, meskipun dalam tingkatannya yang lebih tinggi, khususnya dalam level filsafah makna, sudah ada yang mulai bertumpang-tindih dengan level awal ontologi makrifat. Dan, ontologi makrifat sebagai arti dasarnya, lebih mengacu pada wilayah-wilayah yang dapat dikatakan asing bagi para ilmu pengetahuan (saintis).

Meskipun demikian, sesungguhnya para saintis tidak bisa serta merta menafikan keberadaan ontologi keilmuan makrimat karena secara de facto banyak peristiwa yang diungkap oleh pengetahuan makrifat sulit dibantah oleh para saintis. Sebutlah contoh tentang efek keberadaan Tuhan yang dulu dinafikkan oleh para saintis positivisme, tetapi di dalam posmodernisme mulai diberi ruang. Terakhir para saintis dalam era new age tidak bisa menyembunyikan adanya Godspot di dalam diri manusia. Kini, para ilmuwan modern, sekuler apapun mereka, tidak dapat lagi terus-menerus ‘menyerang’ kaum agamawan (baca: agnostik) karena mereka sendiri.

Bahkan, di negara-negara maju sekarang sudah mulai demam kajian spiritual. Kabbalah (mistitisme Yahudi) yang dulu diharamkan oleh para Rabbi karena dianggap bid’ah, kini laksana cendawan tumbuh di mana-mana. Di New York, tepatnya The Manhattan Center yang terletak di 155 E/84 St di jantung kota New York berdiri tegak Kabbalah Center. Jauh sebelumnya, Karen Berg pernah mendirikan The National Research Institute of Kabbalah di Los Angeles yang sampai sekarang ramai dikunjungi artis Hollywood dan ilmuwan Yahudi di sana.

Di Eropa dan Amerika Latin juga demikian halnya. Lembaga-lembaga meditasi bahkan sudah dibuka di sejumlah universitas terkemuka. Buku-buku new age pernah mendominasi sejumlah toko buku di Amerika dan Eropa. Pusat-pusat sufistik akhir-akhir ini mungkin lebih ramai di Barat daripada di Timur.

The Beshara Scholl, sebuah lembaga spiritual yang bertaraf internasional, sudah mulai go public dan merambah hampir di seluruh negara. Begitu pun Ibnu ‘Arabi Society, para anggotanya semakin besar, sebagaiman dapat dilihat di webnya. Pengikut Kabbani dan Bawa Muhaiyadden di AS, juga semakin ramai dikunjungi pengikut. Di antara mereka bukan orang awam, melainkan sangat terdidik dan pejabat. (***/goes)

Related posts

Beri Kajian Islam, USTADZ AHMAD RIFA’I Sebut Jika Makan Perkara Haram Tak Diterima Sholatnya Selama 40 Hari

Redaksi Posberitakota

KARENA BISA MENGGANGGU KEKHUSYUKAN, DISIPLINKAN ANAK SAAT IKUT SHOLAT BERJAMAAH DI MUSHOLA ATAU MASJID ITU PENTING

Redaksi Posberitakota

Melibatkan Yayasan Pundi Amal SCTV, ERNA SANTOSO –  YAPENA INDONESIA Beri Santunan ke 1000 Anak Yatim & Kaum Disabilitas

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang