26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 05:23
PosBeritaKota.com
Syiar

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, ‘HIDUP – MATINYA Sebuah Rezim’

OLEH : PROF. DR. KH. NASARUDDIN UMAR, MA

TAKDIR kelahiran maupun kematian tak hanya dialami perorangan, tetapi juga oleh sebuah rezim, umat, bangsa atau komunitas masyarakat lainnya. Allah subhanahu wata’ala berfirman: “…Setiap umat mempunyai ajal (batas waktu). Apabila telah datang ajal, mereka tak dapat mengundurkannya sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukan-(nya)” (QS. Yunus (10) : 49).

Sedangkan panjang pendeknya umur suatu rezim, menurut Ibnu Khaldun, bergantung pada empat generasi. Antara lain : generasi perintis, generasi pembangun, generasi penikmat dan generasi penghancur. Jadi, siklus sebuah rezim banyak ditentukan oleh generasi penikmat.

Oleh karenanya, jika generasi ini mampu memelihara sendi-sendi ideal rezimnya, maka rezim tersebut akan mampu bertahan dan berumur panjang. Sebaliknya, apabila sendi-sendi itu tidak lagi diindahkan, lahirlah generasi penghancur yang akan mengakhiri kejayaan rezim tersebut.

Bahkan, panjang pendeknya umur sebuah rezim ditentukan seberapa besar rezim tersebut mensyukuri nikmat yang dianugerahkan Allah subhanahu wata’ala ; “Sesungguhnya, jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian. Dan, jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim (14): 7).

Namun rezim yang tidak pandai bersyukur ialah mereka yang mengingkari karunia yang telah Allah SWT anugerahkan kepada mereka. Rezim seperti itu dalam Al-Qur’an diancam dengan tegas, “…dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS.Ibrahim (14): 7).

Sementara rezim yang kufur nikmat banyak dicontohkan kisah-kisah umat terdahulu yang tercantum dalam Al-Qur’an. Rezim yang hancur karena kufur itu, antara lain hancurnya umat Nabi Luth karena gempa bumi, umat Nabi Nuh yang punah dengan banjir Tsunami, umat Nabi Saleh dengan penularan virus binatang kepada manusia dan penderitaan sejumlah kaum durhaka karena paceklik dan kekeringan yang berkepanjangan.

Azab Tuhan juga bisa muncul dalam bentuk merebaknya rasa takut dan cemas, karena tumbuh suburnya tingkat kriminalitas, penyebaran wabah penyakit menular atau peperangan antarkaum yang mengorbankan orang-orang yang tak berdosa.

Begitu pun kufur nikmat bisa pula muncul dari pemimpin rezim atau rakyat. Jika pemimpin tidak lagi mengindahkan hak dan kewajiban terhadap rakyat, pemerintahan akan dijalankan secara dzalim dan otoriter. Sementara rakyat tidak henti-hentinya mengintip kesalahan pemimpin. Lalu, mendramatisasinya sedemikian rupa sehingga terjadi chaos dan anarkisme. Ini semua adalah contoh kufur nikmat.

Tentunya, semua pihak harus mengintropeksi diri, apa yang sesungguhnya dicari dalam kehidupan ini. Masyarakat tidak mungkin memaksa memimpinnya menjadi Malaikat tanpa kekhilafan. Sebaliknya, pemimpin juga tidak bisa mengharapkan ‘bangsa Tuhan’ yang berpenduduk laiknya Malaikat. Ingat firman Allah, “…tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan(QS. Yunus (12) : 32).(***/goes)

Related posts

Ahad 6 Nopember, MASJID JAMI AL – IKHLAS RW 025 VGH BEKASI Gelar ‘Haflah Maulidurrosul Muhammad SAW’ 1444 H/Tahun 2022

Redaksi Posberitakota

Khutbah Jumat di Istiqlal, DR. KH. ALI NURDIN, MA Bahas Menghafal Al-Qur’an antara Anugerah Ilahi & Kecerdasan

Redaksi Posberitakota

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, IKHLAS YANG MEMBUAT IBLIS ANGKAT TANGAN (2)

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang