30.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 15:05
PosBeritaKota.com
Nasional

Kerahkan 16 Anjing K-9, POL SATWA POLDA JABAR Cari Korban Gempa Cianjur yang Masih Tertimbun Longsor

CIANJUR (POSBERITAKOTA) □ Satuan Pol Satwa Polda Jawa Barat (Jabar) mengerahkan sebanyak 16 anjing K-9 guna membantu pencarian korban gempa Cianjur, Jawa Barat yang diduga masih banyak tertimbun longsor di Kampung Cugenang, Desa Cijendil, Kecamatan Cugenang, Kamis (24/11/2022).

Dikatakan Kanitpol Satwa Polda Jawa Barat, Iptu Novian Yuga, anjing pelacak jenis K-9 telah diturunkan sejak Senin (21/11/2022) ke Cianjur dan mulai turun bertugas Selasa (22/11/2022). “Jadi, kami sudah turun di sejumlah lokasi. Terutama di Desa Cijendil ini sudah dua hari kami mencari,” terangnya kepada awak media.

Disebutkan Novian lebih lanjut bahwa
pada pencarian hari pertama, anjing K-9 berhasil membantu menemukan titik korban gempa Cianjur di Kampung Cugenang. Sedangkan titik-titik yang terendus diberi tanda untuk kemudian oleh Tim SAR dilakukan penggalian menggunakan alat manual, cangkul, sekop, linggis dan sinso.

“Pada hari Selasa ketemu satu jenazah. Begitu pun di hari Rabu, juga ditemukan satu jenazah,” paparnya, lagi.

Selain itu, tambah Novian bahwa di lokasi pencarian ini cukup parah, setelah diguncang gempa terjadi tanah longsor. Ada sekitar 60 rumah warga yang ambruk tertimbun material tanah tebing. Namun di perkampungan tersebut berada di tebing di bawahnya terdapat jalan desa dan aliran sungai.

Khusus untuk melakukan pencarian korban gempa Cianjur, anjing K-9 sudah dilatih untuk mencium jenazah manusia. Namun pada saat pelatihan dengan menggunakan daging sintetis. Setiap menemukan diduga jenazah, anjing K-9 akan memberikan sinyal bermacam – macam. ■ RED/DONO/EDITOR : GOES

Related posts

Gelar Unjuk Rasa, RAKYAT KUKAR Gugat Pembagian Saham Blok Mahakam

Redaksi Posberitakota

Di Milad ke-55 Tahun, BAZNAS BAZIS DKI Serahkan Amanah Donasi Kemanusiaan Rp 3 Milyar ke Warga Gaza Palestina

Redaksi Posberitakota

Zulkifli Hasan : MPR Optimis Indonesia Punya Harapan Masa Depan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang