27.8 C
Jakarta
29 March 2024 - 21:11
PosBeritaKota.com
Syiar

Dihadiri Kyai – Habaib – Pelawak, GABUNGAN MAJELIS TAKLIM SE-KOTA DEPOK Gelar Event Akbar Sambut Isra Miraj & Bulan Ramadhan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Hampir di semua wilayah di Tanah Air, keberadaan majelis taklim (MT) bukanlah hal yang asing. Baik itu yang memfasilitasi kaum ibu-ibu maupun bapak-bapak dan bahkan yang merupakan penggabungan keduanya. Seperti yang banyak diketahui bahwa MT biasanya berjalan masing-masing, tentu saja dengan materi pengajaran dan pembimbing yang berbeda satu sama lain, namun esensi yang ingin dicapai adalah membangun silaturahmi plus menimba ilmu tengang agama Islam.

Sebut saja Ustadz Jaka Gledek, seorang da’i muda di Kota Depok, Jawa Barat yang memiliki ide untuk membuat sebuah acara yang nantinya diisi oleh majelis-majelis taklim yang ada. Sedangkan acaranya itu sendiri dengan tajuk ‘Event Akbar Gabungan Majelis Taklim’ dan bakal diselenggarakan pada 18 Maret 2023 mendatang, bertempat di Majelis Bahrul Ilmu, Jl. Sumur Wangi Gang KUD RT 02/17 Sukamaju, Cilodong – Depok.

Dijelaskan Ustadz Jaka Gledek bahwa event seperti ini memang langka diadakan di Kota Depok. Bahkan, tambah dia, bisa dikatakan ini adalah satu event besar yang pernah berlangsung di Depok. “Jadi, ini merupakan kegiatan rutin kami sejak 10 tahun lalu. Dan, baru kali ini kami mengadakan acara gabungan majelis taklim seperti ini,” ucap ustadz yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP IMMAN (Ikatan Mubaligh Mubalighoh Nusantara) pimpinan KH. Muslihuddin (Ketua Umum).

Dikatakannya bahwa melalui event akbar itu, juga merupakan gabungan dari beberapa organisasi dan komunitas, bukan hanya majelis taklim. Karena bakal ikut hadir organisasi atau komunitas lain. Baik itu dari Majelis Bahrul Baroah dan Bahrul Ilmi pimpinan Ustadz JG, Majelis Gaung Roso bimbingan Gus Hadi dan H. Toyo, Ikatan muballigh Muballighoh Nusantara (IMMAN) DPD Depok diketuai oleh Ustadz Niran Saputra, MPP (Majelis Pengajian Pelawak), Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PaSKI) Korwil Depok.

Selain itu, tambah Ustadz Jaka Gledek yang akrab dengan nama Ustadz JG tersebut, akan ikut hadir pula CLUB MOTOR TOURNADO pimpinan Hafiz Salim, Pondok Pesantren Al Faaqih Pimp. Abah Dedi Rahmat Sandi, Majelis Al Fatiih Pimpinan Ustadz Arifin Al Floresy, BPPKB banten Ranting Jatijajar, Laskar Pendekar Bersatu (LAPBAS) dan beberapa lainnya. Dukungan dari beberapa ormas tersebut dapatlah dikatakan merupakan wujud dari penilaian positif terhadap acara event akbar itu.

Sedangkan inti dari acara event akbar gabungan itu nanti, sebenarnya adalah peringatan Isra Miraj, Haflah Tilawatil Qur’an, Haul Akbar KH.Zaini Bin Abdul Ghoni dan sekaligus Tarhib Ramadhan. Perihal keterlibatan para pelawak yang tergabung di dalam MPP dan PaSKI Korwil Depok, tentu tidak bisa dilepaskan dari peran Ustadz JG di kedua organisasi itu. Ustadz JG adalah salah satu pengajar di MPP dan juga menjabat sebagai Sekretaris di PaSKI Korwil Depok.

Pada bagian lain, Ustadz JG berharap acara yang akan digelar nanti selain bisa menjadi jalinan silaturahim antar majelis taklim, juga dapat mengembalikan jiwa dan hati serta langkah Umat Islam kepada Al-Qur’an. Selain itu juga terus menumbuhkan rasa cinta terhadap para ulama. Dua hal itu dinilai sangat penting digaungkan saat ini.

Menutup keterangannya kepada POSBERITAKOTA, Ustadz JG mengharapkan agar masyarakat Kota Depok bisa beramai-ramai menghadiri event akbar tersebut. “Kita sama-sama menebalkan keimanan sambil mendapatkan ilmu dari para kyai dan habaib, di samping juga mendapatkan hiburan yang bernuansa reliji dari para pelawak,” ucapnya saat ditemui Sabtu (4/2/2023). ■ RED/HANNOENG M. NUR/EDITOR : GOES

Related posts

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, PUASA : Recharging Energi Spiritual (1)

Redaksi Posberitakota

Perlunya Muhasabah di Akhir Bulan Ramadhan, INSTROPEKSI DIRI Demi Menilai Kuantitas & Kualitas Ibadah Kita

Redaksi Posberitakota

Di Masjid Istiqlal, KHUTBAH JUMAT USTADZ AHMAD WIJAYANTO Bahas Soal Cegah Korupsi Melalui Etika & Integritas

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang