26.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 08:13
PosBeritaKota.com
Nasional

Pada Puncak ‘HPN 2023’ di Medan, PRESIDEN JOKOWI Sebut Pers Indonesia Sedang Tidak Baik-baik Saja

MEDAN (POSBERITAKOTA) □ Pesatnya perkembangan teknologi digital yang diikuti oleh pertumbuhan media sosial (Medsos) jelas sangat berpengaruh besar terhadap eksistensi pers di Indonesia. Utamanya media konvensional membuar kekuatannya terus berkurang. Media digital dengan platform-platform asing malah makin menguasai.

Hal tersebut diucapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang dipusatkan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (9/2/2023).

“Ada sebanyak 60 persen belanja iklan, diambil media digital platform asing. Kondisi Pers Indonesia sedang tidak baik-baik saja,” kata Jokowi.

Dalam puncak HPN yang diperingati setiap 9 Februari, dihadiri Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Selain itu hadir sejumlah menteri, Panglima TNI, para Kepala Staf TNI, beberapa Gubernur, Walikota/Bupati, Ketua Dewan Pers, para wartawan dan undangan lainnya.

Sedangkan sebagai tuan rumah, turut hadir Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Juga Walikota Medan, Bobby Nasution beserta Penanggungjawab HPN, Atal S. Depari yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dalam kesempatan itu, Presiden RI meminta agar media digital berplatform asing jangan dibiarkan mendominasi. Karenanya, Pemerintah siap dan selalu mendukung kelangsungan Pers Indonesia. Jokowi juga menyoroti banyaknya media digital yang memuat berita kurang berkualitas, tidak seimbang dan terjebak pada polarisasi.

“Kenyataannya, sekarang ini semua orang bisa membuat dan menyampaikan berita. Informasi berseliweran, namun isinya tidak berkualitas. Pers Indonesia harus bisa menjadi pelurus dan menjelaskan informasi yang tidak benar. Buat pemberitaan yang bertanggungjawab,” pintanya.

Di sisi lain, Jokowi yang mengaku sudah akrab dengan insan pers sejak dirinya menjabat Walikota Solo. Kemudian berlanjut saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dan saat ini sebagai Presiden RI.

“Tentu, bagi saya sudah sangat dekat dengan insan pers sejak lama. Saya mengakui pers sangat memberi kontribusi yang besar. Terima kasih rekan-rekan pers, para wartawan hingga pemimpin redaksi. Selamat Hari Pers Nasional di tahun 2023 ini,” tutup Presiden Jokowi. □ RED/A. JOHAN/EDITOR : GOES

Related posts

Ingat Sejarah Hormati Leluhur, BERHIKMAT WARISAN BUDAYA MEGALITIK & Ajaran Filsafat Abah Agung Soekarso Panca Komara

Redaksi Posberitakota

Tinjau Kantor & Objek Milik Pemkab, BUPATI TEGAL Pastikan Layanan Birokrasi Optimal

Redaksi Posberitakota

JELANG HARI JADI KE-280, PENGACARA SUTRISNO SH MM AJAK MASYARAKAT BANGKIT BERSAMA MENUJU KABUPATEN REMBANG GEMILANG

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang