26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 07:23
PosBeritaKota.com
Top News

Jaga Kesucian Ramadhan, WAGUB JABAR Ajak Umat Islam Isi dengan Kegiatan Ukhrowi yang Bersifat Mengingat Akhirat

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, menegaskan bahwa pihaknya ingin mengajak umat Islam mengisi bulan Ramadhan 1444 Hijriah dengan kegiatan ‘Ukhrowi‘ atau yang bersifat mengingat ‘Akhirat‘. Tentu saja, menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan dari situ.

“Marilah di bulan Ramadhan ini agar banyak diisi dengan kegiatan yang bersifat religius. Seperti sholat berjamaah, sholat tarawih, baca Al-Qur’an di setiap masjid, kultum Shubuh dan termasuk kegiatan yang menambah amalan pahala lainnya,” tegas Uu dalam keterangan pers yang diterima POSBERITAKOTA, Minggu (19/3/2023).

Selain itu lagi, Uu menambahkan bahwa ‘Panglima Santri Jabar‘, juga mengingatkan masyarakat agar menjaga kesucian di bulan Ramadhan. “Sebaiknya, jangan sampai pada pelaksanaan sepanjang Ramadhan, kemudian dinodai oleh kegiatan yang justru bertentangan dengan agama,” tuturnya.

Politisi PPP tersebut menyebut dengan memperbanyak amalan, umat Islam yang menjalankan dengan ikhlas dan hati bersih, insyaallah akan mendapat keberkahan serta kemuliaan Ramadhan.

“Malah saya berharap, ada sedikit penurunan frekuensi kegiatan – kegiatan yang bersifat Duniawi. Sebalikmya harus meningkatkan kegiatan yang bersifat Ukhrowi. Tapi, harus dibarengi dengam ulama, kiai dan ajengan,” ucap dia.

Tidak hanya itu saja, Wagub Jabar UU, juga mengajak seluruh warga ikut menjaga persatuan dan kesatuan. “Dengan itu, Jabar bisa aman dan damai. Bahkan, dengan itu, Jabar pun bisa membangun,” tutupnya.

Seperti menurut perhitungan kalender Islam, awal Ramadhan 1444 Hijriah atau di tahun 2023 Masehi ini, bakal datang pekan depan. Sedangkan untuk penentuan atau penetapkan 1 Ramadhan, tentu saja masih harus menunggu ‘Sidang Isbat‘ yang dipimpin Kementerian Agama (Kemenag RI) dengan melibatkan elemen lembaga Islam yang ada di Tanah Air. ■ RED/JON ABY/AGUS SANTOSA

Related posts

Asyiknya Nonton Wayang Lintas Media, SENA WANGI Fasilitasi Kesenian Adiluhung Digarap dengan Gairah Millenial

Redaksi Posberitakota

Cak Imin Dipilih Jadi Cawapres Anies, NANA MARDIANA Ikut Merasa Senang & Bersyukur

Redaksi Posberitakota

9-10 Desember 2023, RY HYORI DERMAWAN Tampil Jadi Guest Star di Ajang ‘Festival Musik & Budaya Anak Indonesia’ di JIS

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang