30.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 14:57
PosBeritaKota.com
Top News

Ditujukan Bagi Generasi Muda, KOLABORASI BANK DKI & Kemenko Perekonomian Dukung Akses Pembiayaan KUR

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Bank DKI berkolaborasi bersama Kemenko Perekonomian RI mengusung kegiatan KUR Festival 2023 yang diberi nama ‘SUPER GEN-CREATION : ANAK MUDA SEJAHTERA BERSAMA KUR!’. Sedangkan acaranya itu sendiri diadakan di Gedung Sate, Bandung (Jawa Barat), 17-18 Maret 2023 yang baru lalu.

Perhelatan tersebut sebagai bentuk dukungan program Pemerintah, khususnya akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan ditujukan kepada generasi muda yang tertarik mengakses informasi pembiayaan untuk pengembangan usaha.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan itu antara lain Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Susiwijono Moegiarso dan Gede Edy Prasetya selaku Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Direktur Kepatuhan Ateng Rivai yang bertindak mewakili Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy, menyampaikan bahwa partisipasi pihaknya dalam acara tersebut merupakan komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM khususnya bagi generasi muda.

Masih menurut Ateng, terkait partisipasi Bank DKI tersebut membuka ruang kepada para pelaku UMKM, khususnya gen-Z dalam rentang usia 18-25 tahun yang tertarik pada informasi akses pembiayaan KUR. Tentu saja dengan harapan dapat membantu pertumbuhan bisnis dan berdampak luas pada pertumbuhan ekonomi.

“Dalam hal ini, Bank DKI berkomitmen penuh memaksimalkan penyaluran KUR, sebagai perluasan akses permodalan bagi UMKM,” tutur Ateng, menambahkan.

Untuk tambahan informasi, Bank DKI mencatatkan penyaluran KUR pada tahun 2022 mencapai sebesar 100% dari kuota atau sebesar Rp 1,15 Triliun kepada kurang lebih 6.023 pelaku usaha UMK dan 7.

Bahkan, Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy melalui keterangan tertulisnya bilang sebagai salah satu bank penyalur KUR, Bank DKI tidak hanya berkomitmen untuk meningkatkan akses pembiayaan, melainkan mendorong pemberdayaan serta pendampingan bagi UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang dalam menopang perekonomian nasional.

Namun untuk di tahun 2023 ini, Bank DKI mendapatkan porsi sebesar Rp 2,8 Triliun dengan rincian alokasi konvensional sebesar Rp 2 triliun dan Syariah sebesar Rp 800 Miliar.

Pihak pemerintah pun melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terus berupaya untuk menghasilkan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang optimal. Dan, hal itu selaras dengan momentum bonus demografi yang saat ini dialami Indonesia sampai dengan tahun 2030 mendatang.

Dalam upaya mengejar target penyaluran KUR pada tahun 2023 yang ditingkatkan menjadi Rp 450 Triliun, makanya pemerintah terus memperkuat sinergi dan dukungan dari berbagai pihak. Baik itu Pemerintah Daerah, Pelaku UMKM, Penyalur KUR, Penjamin KUR, Asosiasi, Akademisi maupun BPJS Ketenagakerjaan. Kesemua itu salah satunya melalui kegiatan ‘KUR Festival 2023′ ini.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, mengatakan sangat memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ‘KUR Festival 2023‘ mendapat antusias masyarakat Bandung dan sekitarnya, khususnya dari generasi muda atas informasi KUR yang disampaikan oleh Bank DKI.

“Selain itu, Bank DKI juga menyediakan e-form dan aplikasi digital lending sebagai bagian proses digitalisasi dalam rangka memaksimalkan proses kredit dan pembiayaan bagi nasabah,” pungkas Arie, menerangkan. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Ini Lho Kegunaannya, JAKCARD BANK DKI Bisa Dijadikan Tiket Perjalanan KRL

Redaksi Posberitakota

Di Queen Plastic Surgery Sunter Jakut, 3 ARTIS IBUKOTA Barengan Rawat Kecantikan

Redaksi Posberitakota

Karena Masuk Info Penting, KPK Segera Tindaklanjuti Kabar Harun Masiku Berada di Tanah Air

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang