PosBeritaKota.com
Megapolitan

Dari Lapangan Monas Jakarta, PJ GUBERNUR HERU BUDI Melepas Ribuan Pemudik Lebaran 2023

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Pemerintah Provinsi (Pempro) DKI Jakarta melepas keberangkatan bus yang mengangkut para Pemudik Lebaran dari DKI menuju 19 kota/kabupaten untuk ke-6 provinsi. Mereka diberangkatkan melalui program Mudik Gratis Jakarta 2023 yang mengambil tema ‘Mudik Nyaman, Silaturahmi Lancar’.

“Kami melepas 284 bus yang akan mengangkut 13.541 penumpang untuk Mudik Lebaran dari Lapangan Monas,” kata Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang ditemui di Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Dikatakan Heru bahwa pihaknya tak lupa ingin mengucapkan selamat jalan bagi warga yang akan pulang ke kampung ke halaman masing-masing.

“Tentunya, saya menghimbau untuk menjaga kesehatan. Menjaga supaya kita tetap sabar di dalam (perjalanan) ke kampung halaman, jika nanti di dalam perjalanan mengalami kemacetan. Sampaikan salam kepada keluarga masing-masing di kampung halaman dan semoga bapak dan ibu, bisa merayakan Idhul Fitri di kampung masing-masing,” tegasnya, lagi.

Pj Heru Budi juga mengapresiasi kerjasama berbagai pihak yang turut mensukseskan program tahunan tersebut. “Saya ucapkan terima kasih terutama ke Baznas, Bank DKI, Transjakarta dan seterusnya yang telah memfasilitasi dan memberikan mudik gratis tahun 2023 ini,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, menjelaskan kalau pihaknya telah memverifikasi seluruh peserta mudik dan memastikan semuanya memenuhi persyaratan. Dari hasil verifikasi terhitung sebanyak 24.164 pemudik yang siap diberangkatkan menuju kota tujuannya masing-masing.

“Berdasarkan hasil klarifikasi dan verifikasi, pendaftar yang masuk dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sebanyak 28.506 pendaftar,” jelas dia.

Ditambahkan Syafrin bahwa pihaknya akan melakukan ulang verikasi ulang, karena animo masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini cukup tinggi.

“Oleh karena itu kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi, dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik (yang memenuhi persyaratan),” ucap dia, lagi.

Pada bagian lain, ditambahkan Syafrin, jumlah Pemudik Lebaran di tahun 2023 ini meningkat mencapai 25,3 persen dabln melampaui target yang ditetapkan.

“Sehingga terdapat penambahan 18 armada bus dari 482 bus menjadi 500 bus untuk armada arus mudik dan arus balik yang dianggarkan Pemprov DKI Jakarta berkat sinergi dengan berbagai pihak,” tutup Syafrin.

Program ‘Mudik Gratis 2023’ akan mengantarkan penumpang dengan tujuan Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Provinsi Sumatera Selatan), Kuningan dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat), Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Provinsi Jawa Timur). Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta juga memberangkatkan 13 truk yang mengangkut 281 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulo Gadung menuju tujuh kota seperti Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang.

Untuk penyelenggaraan Arus Balik Lebaran, ditargetkan akan mengangkut sebanyak 10.623 penumpang menggunakan 216 bus dari 19 kota asal pemberangkatan menuju Terminal Terpadu Pulo Gebang, sehingga total penumpang yang mengikuti program Mudik Gratis Jakarta 2023 sebanyak 24.164 penumpang mudik dan balik.

Sedangkan arus balik kendaraan akan dilakukan pada 27 April 2023 dari sembilan kota tujuan ke Terminal Pulo Gadung. Selain dapat mengurangi beban pemudik yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor) untuk pulang ke kampung halaman, dengan adanya program Mudik Gratis Jakarta 2023 diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan masalah mobilitas pemudik di kampung halaman, sehingga kegiatan mudik dan balik berjalan lebih lancar dan penumpang aman sampai tujuan. ■ RED/JON ABY/AGUS S

Related posts

Tarif Masih Dikaji, KEMENHUB Segera Operasikan KA Bandara Soetta

Redaksi Posberitakota

Sambut Wisatawan dari Mancanegara, KOTA JAKARTA Siap Kembangkan Wisata Tematik

Redaksi Posberitakota

Razia Warung Jamu, FKPK CEMPAKA PUTIH Sita 123 Botol Miras Oplosan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang