32.1 C
Jakarta
23 July 2024 - 15:12
PosBeritaKota.com
Entertainment

Pasti Ketemu Melewati Beberapa Ujian, SAIPUL JAMIL & AGENG KIWI : “Bisa Jadi Cerminan Level Kualitas Diri Kita”

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Tak bisa dipungkiri bahwa dalam menapaki perjalanan hidup ini merupakan rangkaian waktu. Di situ boleh jadi bisa terukir kenangan dan bahkan menuai masa depan. Lantas, harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dan untuk kemudian menjemput harapan.

“Sejatinya, manakala kita menempuh perjalanan hidup ini, pasti bakal bertemu dan melewati beberapa ujian. Nah, nilai ujian itulah yang justru menjadi cerminan level kualitas diri kita,” ucap Saipul Jamil dalam obrolan santai dengan wartawan di Jakarta, Minggu (23/04/2023).

Namun menurutnya, saat merefleksi perjalanan hidup ini, diri kita mungkin ada perasaan lucu dan rasa ingin tertawa sendiri atau malah sebaliknya. Mengingat banyaknya kealpaan masa lalu dan berbagai cabaran hidup yang telah dilewati.

“Yang jelas, semua itu menjadi kenangan indah. Lalu, momen itu juga diharapkan bisa menjadi tumpuan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik,” urai pedangdut yang akrab disapa Ipul itu, lagi.

Justru semakin tinggi tingkat ujian yang dihadapi, imbuh pedangdut yang pernah menjadi juri D’Academy (Indosiar 2014-2016) ini, maka semakin kuat kualitas diri seseorang. “Sebab, ujian itu sendiri adalah peningkatan kualitas diri. Spirit yang menuntun kita terus mau belajar, merenung dan mengevaluasi diri menjadi lebih baik,” katanya dengan kalimat bijak.

Seperti kondisinya yang cukup lama luput dari pemberitaan media hiburan, pedangdut berdarah Banten tersebut, kemarin hadir di temu kangen dengan sejumlah sahabatnya. Hadir antara lain; Ageng Kiwi, Eddie Karsito, Krisna Mukti, Kiki Astrida, Valdi Mulya dan Steyer Harun.

Di acara temu kangen dan masih dalam suasana Lebaran tersebut, berlangsung di salah satu apartemen di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Dari sesama sahabat yang lama tak kumpul-kumpul berbagai persoalan masa lalu menjadi hal menarik kembali diceritakan. Seakan tak ada habis-habisnya mengisi ruang bincang.

Hampir semua topik diobrolin dengan suasana santai. Mulai fari hal-hal berat, ringan, lucu dan bahkan yang menyedihkan pun menyeruak menjadi canda tawa. Sesekali diiringi dendang kecil dari mereka yang notabenenya adalah penyanyi dan musisi.

“Yang pasti, selain bakat dan kemampuan, jadi artis itu harus tangguh. Kalau kita pahit, getir, manis, suka dan duka udah ngalamin semua. Termasuk cacian makian hinaan kita sudah ngalamin. Malah dihujat Netizen sudah ngalamin. Jadi, ya nggak usah kaget,” celetuk Ageng Kiwi memulai nimbrung untuk bertukar pengalaman.

Malah menurut pandangan Saipul Jamil, Ageng Kiwi merupakan seniman hebat. Diakui sebagai guru kehidupannya di bidang seni. Mengenal Ageng Kiwi dari sebelum dirinya populer seperti sekarang.

“Jujur, mas Ageng itu di mata ssys orang hebat. Low profile. Siapa pun dirangkul. Humble, peduli. Itu diantaranya ilmu yang saya ambil dari beliau. Sampai sekarang tetap tawadhu. Selalu ingat sama teman yang belum beruntung. Saya kagum dengan beberapa karya beliau,” imbuh Ipul.

Dikatakan Ipul, sejak dulu rumah Ageng Kiwi bagaikan kawah Candradimuka alias tempat menempa mental dan potensi para seniman. Sebagian dari mereka diantaranya menjadi artis populer. Sebut saja seperti Mayangsari, Krisdayanti, Dewi Perssik, Angel Lelga, Inul Daratista dan banyak lagi artis lainnya.

“Malah, istri saya yang pertama (Dewi Perssik), beliau yang membimbing menjadi artis profesional. Pokoknya banyak artis sukses ada jasa mas Ageng,” tegas artis yang punya nama lengkap H Jamiluddin Purwanto SH.

Saipul Jamil sendiri tidak ditangani langsung Ageng Kiwi. Namun, ia mengaku banyak menyerap berbagai pengetahuan dari Ageng Kiwi. “Saya ngambil ilmunya beliau. Walau tidak dididik langsung, tapi saya banyak belajar spirit hidup beliau. Mengamati beliau dari jarak jauh,” bebernya.

Sebaliknya, Ageng Kiwi mengungkapkan meski Saipul Jamil banyak dicaci dan dihujat, namun beliau tetap tabah. Padahal, menurut Ageng, orang yang menghujat tidak tahu Saipul Jamil yang sebenarnya.

“Begini, setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, sebaiknya kita jangan jadi polisi moral. Bisa mengontrol orang, tapi nggak bisa mengontrol diri sendiri,” kata artis yang juga Ketua DPW Badan Budaya Partai NasDem Jawa Tengah periode 2022-2024 ini.

Terkait pengalaman masa lalu, diakui Saipul Jamil, justu menjadi guru yang baik. Ipul mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar diberi kekuatan dan keteguhan iman. Harapannya biar dapat menjadi manusia lebih baik.

“Saya ini sama seperti manusia lainnya yang tidak sempurna. Sebab, sempurna hanya milik Allah SWT. Tidak ada satupun manusia ingin hal buruk menimpa pada dirinya. Tapi, jika hal itu sudah menjadi takdir, maka saya terima. Saya jalani,” ungkapnya.

Baik Saipul Jamil maupun Ageng Kiwi mengaku selalu berpikir positif. Membangun kekuatan positif dengan menyiapkan berbagai kreativitas terbaik di masa depan.

Sementara itu di antara sahabat terdekat keduanya, misalnya Eddie Karsito, artis yang juga mengelola Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan. Kiprahnya di bidang sosial, seni dan budaya, tak diragukan.

Begitu pula sosok Kiki Astrida yang mengelola lembaga usaha QQ Production. Manajemen artis yang banyak menjembatani para artis menjadi anggota legislatif dalam kontestasi politik di Tanah Air.

“Sebab, lembaga-lembaga ini dapat menjadi media kreasi dan produksi. Meningkatkan profesionalisme. Termasuk kegiatan sosial dan sarana pendidikan bagi para artis pendatang baru agar menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Optimis, seimbang, adaptif.dan toleran,” tutup Ageng Kiwi. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

DISEBABKAN KARENA SAKIT, PENYANYI SENIOR & PEMBAWA ACARA KUIS KOES HENDRATMO MENINGGAL DUNIA DI USIA 79 TAHUN

Redaksi Posberitakota

BERBAHAN TENUN BADUY, PERANCANG BUSANA NINA NUGROHO BIKIN DESAIN KHUSUS SERAGAM FORWAN INDONESIA

Redaksi Posberitakota

Karena Kepengen Dapetin Suasana Lain, HANUNG BRAMANTYO Kembali Tangani Produksi Film Horor

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang