34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 14:11
PosBeritaKota.com
Syiar

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, IDHUL FITRI : ‘Reinkarnasi Spiritual’

OLEH : PROF DR KH NASARUDDIN UMAR MA

KATA fitrah dalam segala bentuknya terulang sebanyak 20 kali dengan berbagai macam arti. Dalam kamus Lisan ‘Arab‘ kamus bahasa Arab terlengkap (15 jilid), fitrah (fitrah) berasal dari akar kata fatharayafthitu – fatran, berarti membelah, merobek, tumbuh dan berbuka.

Dari akar-akar itu lahir kata fithrah berarti sifat pembawaan sejak lahir, seperti dalam ayat, “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah SWT)); (tetaplah atas) fitrah Allah SWT yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah SWT. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. ar-Rum [30]:30).

Namun yang paling dominan dalam Al-Qur’an, fitrah berarti menciptakan, seperti, “Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” (QS.al-An’am [6]:79).

Kata fithrah juga berarti merusak, seperti, “Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Tuhan) dan malaikat-malaikat berstabih serta memuji Tuhannya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Mahapengampun lagi Mahapenyayang(QS. as-Syura [42]: 5).

Selain itu, fithrah juga berarti pecah, “Hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu dan bumi belah dan gunung-gunung runtuh.” (QS. Maryam [19]:90).

Dari kata fathara, lahir kata idhul fithr (Idhul Fitri) yang berarti kembali berbuka atau makan setelah sebulan penuh berpuasa di siang hari Ramadhan. Bisa juga berarti ‘id al-fithrah‘, kembali ke sifat bawaan kita sejak lahir, yaitu bersih dan suci, setelah sebulan penuh melewati penempaan dengan berbagai amalan Ramadhan.

Dari pengertian ini dipahami bahwa yang bisa kembali ke fitrah ialah mereka yang telah melakukan berbagai macam upaya pembersihan dan penyucian diri melalui amalan Ramadhan, seperti puasa, zakat, tadarus Al-Qur’an, Qiyamul Lail, iktikaf dan berbagai amal sosial, seperti sedekah, silaturahim, memberi buka puasa dan lain sebagainya.

Namun di dalam tradisi Indonesia, semangat Idhul Fitri, antara lain Mudik kembali ke kampung kelahiran, tempat kita lahir atau berasal. Di sana kita melakukan silaturahim dengan para keluarga. Mungkin, termasuk ziarah ke kuburan orang-orang terdekat kita, seperti orangtua dan sanak keluarga.

Yang pasti, kita juga bisa me-refresh dan me-rewind memori alam bawa sdar kita melalui sentuhan rasa yang lahir setelah kembali menyaksikan benda-benda monumental, seperti menengok atap rumah yang pernah menaungi kita saat kecil bersama orangtua dan seluruh saudara.

Bahkan, kita juga bisa menyaksikan sekolah dasar dan masjid/mushala tempat pertama kali kita mulai belajar formal dan mengaji. Mungkin, masih ada lagi kenangan lain bisa muncul saat kuta menyaksikkan kampung halaman. Misalnya, di dinding tengah masih terpampang foto hitam putih saat kita masih kecil atau membuka-buka album keluarga yang sebagian orang di dalamnya sudah mendahului kita.

Selain itu, sekaligus juga mencicipi kembali masakan dan jajanan yang mengeraskan batok kepala kita saat masih kecil dulu. Kolektif memori nostalgia bisa menjadi shock therapy buat kita untuk mengevaluadi jalan hidup yang selama ini kita pilih. Mungkin, sebagian aktifitas kita di kota ada di antaranya yang tidak sejalan dengan pesan luhur orangtua dan kakek-nenek yang dulu diwasiatkan untuk hidup luhur di jalan yang benarn

Makanya, syukuг-syukur kita bisa memugar sejumlah bangunan monumental secara emosional di kampung halaman kita. Misalnya, mengganti genteng rumah tempat yang pernah merekam kelahiran kita. Kesemuanya itu bisa memberikan kesegaran dan ketenangan hidup tersendiri, setelah sekian lama kita hidup ditengah ketegangan kota. (***/goes)

Related posts

Ahad 6 Nopember, MASJID JAMI AL – IKHLAS RW 025 VGH BEKASI Gelar ‘Haflah Maulidurrosul Muhammad SAW’ 1444 H/Tahun 2022

Redaksi Posberitakota

Bicara Soal Keberadaan Masjid, USTADZ AHMAD RIFA’I Ingatkan Jangan Dijadikan Sebagai Ajang Bisnis

Redaksi Posberitakota

Goresan Imam Besar Masjid Istiqlal, ETIKA PEMBACAAN SURAT AL-FATIHAH

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang