26.8 C
Jakarta
26 April 2024 - 04:16
PosBeritaKota.com
Politik

Pake Diarak Ondel-ondel Daftar Caleg DPD RI Lagi, PROF SYLVIANA MURNI : “Doakan Saya untuk Tetap Istiqomah”

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Unik dan sangat menarik perhatian. Pasalnya, pasangan Ondel-ondel beserta iringan musik khas Betawi, ikut mengawalnya. Gambaran itulah yang terlihat manakala Prof Dr Hj Sylviana Murni SH M.Si kembali mendaftar untuk pencalonan yang kedua kali sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ke Kantor KPUD Provinsi DKI Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Tembang dengan syair yang sangat mengena terucap berkali-kali dari para pendampingnya yang ikut mengantar ke Kantor KPUD DKI Jakarta. Mereka tak cuma datang dari para relawan, tim sukses, tapi juga dikawal para Jawara. “Ibu Sylvi siapa yang punya…Mpok Sylvi siapa yang punya…yang punya kita semua!” Begitulah kalimat heroik dalam nyanyian yang terus menggema hingga mengantarnya pulang.

Tepat pada pukul 14.15 WIB, Prof Sylviana Murni yang merupakan incumbent Senator DKI Jakarta, nampak setia didampingi suami tercintanya, Gde Sardjana dan putrinya yang berprofesi sebagai dokter/ahli kejiwaan. Tak lebih dari 20 menit, proses pendaftaran berlangsung lancar. Bahkan, ia juga tak segan – segan membangun komunikasi dengan petugas dari KPUD DKI Jakarta, sehingga terkesan sangat familiar.

Kehadiran tokoh perempuan Jakarta tersebut untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI pada Pemilu Legislatif (Pileg) Serentak di 2024 mendatang. Hal itu tentu saja setelah persyaratan dukungan yang diserahkan dengan mengikuti mekanisme KPU dinyatakan sudah memenuhi syarat (MS).

Prof Silviana Murni membuka alasan kenapa dirinya harus diantar oleh kesenian tradisional Betawi beserta pasangan Ondel-ondel. “Untuk Ondel-ondel ini kan kita semua sudah tahu. Merupakan ikon yang dimiliki Jakarta, dimana semua budaya, seni dan sebagainya yang ada di Jakarta – gaungnya harus lebih menggoInternasional. Salah satunya melalui ikhtiar dan perjuangan saya di DPD RI. Sebab, tugas dan fungsi saya di parlemen, tentu harus sejalan juga dengan Jakarta yang hari ini sedang bermetamorfosis menjadi Kota Global,” katanya.

Kepada POSBERITAKOTA dan SUARAKARYA yang meminta agar menyampaikan statemen usai pendaftarannya ke Kantor KPUD DKI Jakarta, Prof Sylviana Murni menegaskan akan terus memperjuangkan visinya untuk mewujudkan DPD RI menjadi lembaga perwakilan yang akuntabel dan optimal. Bahkan, ia pun berjanji dengan komitmen serta konsisten untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah Jakarta dalam rangka menuju Indonesia yang lebih maju.

“Saya yakin misi ini bisa tercapai dalam menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat DKI Jakarta. Termasuk memperjuangkan kepentingan daerah untuk membangun Jakarta sehat, beradab, adil dan sejahtera serta memperjuangkan pembangunan maupun tata kehidupan yang memperkuat daya dukung sosial, ekonomi, pendidikan dan kesehatan,” urainya, panjang lebar.

Bukan cuma itu, Prof Sylviana Murni menambahkan bahwa untuk membangun lingkungan, perlu dengan 5 etos kerja. “Saya istilahkan sebagai PARIS. Yang artinyab Profesional, Amanah, Responsif, Inovatif dan Sinergi,” ucapnya, tandas.

Menurut Ketua Badan Kerjasama Parlemen (BKSP) DPD RI tersebut, selama menjadi anggota DPD RI di periode 2019-2024 ini, setiap hari dirinya selalu berkeliling dari satu daerah ke daerah lain di Jakarta dan Indonesia dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Jadi, dengan amanah jabatan saya sebagai Ketua BKSP DPD RI saat ini, jelas merupakan tugas dan fungsi dalam merajut komunikasi, koordinasi dan kolaborasi lintas sektor. Bahkan, lintas negara untuk kemajuan Indonesia, khususnya Jakarta,” paparnya, lagi.

Patut dan perlu diketahui bahwa Prof Sylviana Murni adalah satu-satunya anggota DPD RI yang konsisten menerbitkan Jurnal Laporan kegiatan setiap bulannya. Malah tidak hanya dalam bentuk buku, tapi juag menayangkan setiap kegiatannya pada berbagai platform media sosial (Medsos).

Sedangkan Jurnal Laporan kegiatan tersebut dicetak dan disebarkan ke berbagai perpustakaan yang ada di setiap instansi pemerintah, ruang pertemuan warga dan berbagai komunitas atau organisasi sehingga sepak terjang sebagai DPD RI diketahui dan dirasakan oleh masyarakat.

Tentu saja selama menjadi anggota DPD RI, Prof Sylviana Murni kerapkali dipercaya menduduki jabatan strategis di lembaga setingkat DPR RI itu. Di awal periode, dipercaya menjadi Ketua Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI, kemudian dua tahun berturut turut menduduki kursi Ketua Komite III dan saat ini sebagai Ketua BKSP DPD RI.

“Sebab, saya ingin pengetahuan, ilmu dan pengalaman yang Allah SWT anugerahkan kepada saya dapat bermanfaat untuk masyarakat Jakarta dan seluruh rakyat Indonesia. Sebaik-baiknya orang adalah yang ilmunya bermanfaat untuk orang banyak,” ujarnya.

Saat menutup pembicaraan usai resmi mendaftar, ibu 2 anak yang juga kelahiran Jakarta 11 Oktober 1958, menegaskan bagaimana peran suami dan anak-anak memberikan support pada tugas-tugas yang dijalani karena masih sebagai incumbent DPD RI aktif? “Seribu persen saya mendapatkan dari keluarga. Tapi, melalui kesempatan ini, saya tak lupa minta doanya dari warga masyarakat Jakarta. Doakan saya agar tetap istiqomah dan amanah,” pungkasnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Menang di Pilpres 2019, BPS SE-INDONESIA Deklarasikan Dukungan ke Prabowo-Sandi

Redaksi Posberitakota

Anggota DPD RI, PROF DR DAILAMI FIRDAUS Minta Pancasila Harus Diimplementasikan Secara Utuh

Redaksi Posberitakota

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari Usul Anggaran Pemilu 2024 Capai Rp 76,656 Triliun

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang