34.2 C
Jakarta
18 April 2024 - 13:50
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Hadapi Tantangan Bonus Demografi, PJ GUBERNUR HERU BUDI Sebut PGRI Berpotensi Melahirkan ‘Generasi Emas’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), guru dan tenaga pendidik memiliki peran strategis dalam menggadapi tantangan bonus demografi penduduk Indonesia pada 2030 mendatang. Sedangkan bonus demografi itu sendiri, berpotensi menjadikan generasi mendatang sebagai ‘generasi emas’.

Hal tersebut dikatakan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat hadir dan memberikan pengarahan dalam kegiatan Halalbihalal Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Gedung Guru Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (18/5). Di acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Syaefuloh Hidayat.

“Peran PB PGRI, guru dan tenaga pendidik sangat strategis dalam menghadapi tantangan bonus demografi penduduk Indonesia pada tahun 2030. Dan, bonus demografi berpotensi menjadikan generasi mendatang sebagai generasi emas yang dapat.menopang kemajuan Indonesia atau malah sebaliknya. Maka itu, perlu jadi perhatian bersama, jika yang meningkat hanya kuantitasnya namun tanpa disertai kualitas,” urai Heru Budi.

Menurutnya bahwa Jakarta akan bertransformasi menjadi Kota Global yang berfungsi sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia dan berdampak langsung pada urusan sosial ekonomi global. Realisasi tersebut dapat diperkuat melalui upaya yang cepat dan tepat dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan di Jakarta.

Hal tersebut, imbuh Heru Budi, tentunya akan berdampak positif pada kemajuan tingkat nasional. “Karena itu pula, kami yakin bahwa pendidikan berkualitas merupakan unsur utama dalam melahirkan generasi cerdas yang menjadi penggerak pembangunan dan kemajuan Indonesia,” ucapnya, tandas.

Ditegaskan lebih lanjut bahwa Pemprov DKI Jakarta juga terus konsisten dalam memenuhi akses pendidikan yang merata bagi seluruh warga melalui berbagai program. Yang diantaranya adalah Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). Tak hanya program bantuan untuk pelajar, Pemprov DKI Jakarta pun turut memerhatikan tenaga pendidiknya, seperti memastikan keberlanjutan peningkatan kompetensi, perlindungan dan kesejahteraan guru serta tenaga pendidik di Jakarta.

“Namun harapannya, PGRI sebagai organisasi profesi yang memiliki rekam jejak panjang dalam membangun dunia pendidikan pun semakin berperan aktif dalam mengembangkan kompetensi dan profesionalisme guru. Sehingga, pendidikan di Indonesia akan semakin maju dan berkualitas,” pungkasnya.

Dalam acara Halalbihalal yang mengusung tema ‘Menjalin Silaturahmi, Merekatkan Ukhuwah’ sangat disambut baik oleh Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono. “Semoga melalui silahturahmi ini, kita semua dapat memperkuat komitmen serta sinergi para guru, tenaga kependidikan dan stakeholder terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” katanya mengakhiri. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Buka ‘Hijaber Community’, FERY HARTATI ANIES Ingin Beri Inspirasi Para Muslimah di Ibukota

Redaksi Posberitakota

Diduga Tampung Dana Rp 18 Miliar, WARGA P3SRS APARTEMEN PURI KEMAYORAN Desak Pengurus Lama Transparan & Bikin Laporan

Redaksi Posberitakota

Dukung Program PMT-AS, BANK DKI Buka 251 Rekening Komite Sekolah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang