32.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 15:16
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Kampus Jakarta Global University, LEMBAGA KEBUDAYAAN DEPOK Gelar Raker dengan Hasil Rencana Jangka Pendek & Panjang

DEPOK (POSBERITAKOTA) – Setelah di awal Januari 2023 lalu kepengurusannya sudah resmi dilantik, Lembaga Kebudayaan Depok (LKD) dibawah kepimimpinan Kurniawan SE, menggelar rapat kerja (Raker) pertama di Kampus Jakarta Global University (JGU) Depok, Jawa Barat, Minggu (12/3/2023).

Dalam acara Raker LKD tersebut nampak dihadiri oleh seluruh pengurus. Selain itu beberapa tamu undangan dari lembaga legislatif dan eksekutif Kota Depok. Merema di antaranya adalah Anggota DPRD Kota Depok Hj. Rezky M. Noor dan Hamzah serta Babai Suhaimi. Termasuk perwakilan dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok.

Dikatakan Ketua Dewan Pembina LKD Ir. H. Nuroji yang juga Anggota Komisi X DPR-RI bahwa melalui Raker LKD yang pertama ini, selain meningkatkan soliditas lembaga juga sebagai ajang bagi terbukanya kreativitas yang lebih besar. Tentu saja dalam konteks mendukung penuh keberadaan UU RI No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Di sini ada 10 obyek di UU Pemajuan Kebudayaan yang juga menjadi acuan kerja kreatif LKD. Ke-10 obyek itu dijadikan divisi atau komite dalam organisasi,” ucap Ir. H. Nuroji seraya berharap makin tumbuhnya kepedulian pihak di luar birokrasi terhadap kebudayaan.

Masalah itulah, disorot Ir. H. Nuroji, birokrasi di Pemerintahan Kota Depok, karena selama ini memang terkesan tebang pilih di dalam memberikan perhatian terhadap organisasi atau lembaga kebudayaan di Kota Depok.

Hal senada juga diutarakan Rezky M. Noor. Bahkan, ia berharap pihak Pemerintahan Kota Depok bisa lebih memperhatikan kebudayaan. Karena itu pula, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok satu ini, minta diselaraskannya lingkup kerja komisinya dengan unsur kebudayaan.

Komisi D DPRD Kota Depok fokus pada program kerja bidang sosial, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan pemuda. Semua program tersebut memiliki kaitan langsung dan tidak langsung dengan kebudayaan, sehingga saya selalu melihat pentingnya arti kebudayaan bagi perkembangan masyarakat,” ucap Hj. Rezky M. Noor, lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LKD Kurniawan SE, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Jakarta Global University (JGU) atas kesediannya bekerjasama di dalam penyelenggaraan Raker LKD. Pernyataan tersebut juga direspons dengan baik oleh Ade Sunardi ST M.T, Wakil Rektor III untuk Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Sarpras.

“Malah, kami dari JGU sangat membuka peluang yang lebih luas bagi berlangsungnya kerjasama dengan lembaga-lembaga kebudyaan seperti LKD ini. Ada sebuah sinergi yang harus dibangun secara kuat dan memiliki manfaat bagi kedua belah pihak,” imbuh Ade Sunardi.

Sedangkan Raker LKD sendiri yang berlangsung satu hari penuh menghasilkan beberapa rencana kerja budaya, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Ada ide-ide cemerlang yang dihasilkan di dalam rapat kerja tersebut.

“Namun LKD akan bertekad memperjuangkan terlaksananya semua rencana program tersebut, demi makin tumtuhnya kesadaran akan pentingnya budaya, khususnya di Kota Depok,” pungkas Ir. H. Nuroji kepada POSBERITAKOTA, seusai acara Raker lemb aga kebudayaan yang dibinanya tersebut. ■ RED/HANNOENG M. NUR/EDITOR : GOES

Related posts

Bule Pungut Sampah, KAWASAN CAR FREE DAY Kini Jorok & Semrawut

Redaksi Posberitakota

Tampung Warga Eks Gusuran Bukit Duri, ANIES BASWEDAN Resmikan Kampung Susun Cakung Jaktim

Redaksi Posberitakota

Sambangi RW 024 & 025 VGH, 3 PILAR Kelurahan Kebalen Bekasi Semprot Desinfektan Cegah Covid-19

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang