PosBeritaKota.com
Business

Dukung Implementasi Program SDGs, BANK DKI Raih Predikat Best CSR 2023 Lewat Program Jakarta Koperasi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Berkat Komitmen Bank DKI dalam mendukung pengimplementasian program Sustainable Development Goal’s (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui penyelenggaraan program Corporate Social Responsibility (CSR), ternyata diapresiasi dengan penghargaan dari B-Universe sebagai Program CSR Terbaik, Category Social CSR Initiatives.

Namun untuk penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Direktur Komersial & Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini, Rabu (31/5/2023) pekan silam pada gelaran B-Universe CSR Awards 2023 yang diselenggarakan di Jakarta.

Dikatakan Direktur Komersial & Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini, tingginya aktivitas ekonomi tentu menimbulkan dampak terhadap lingkungan dan sosial, sehingga disitulah peran CSR diperlukan. “Berbagai dampak tersebut perlu direspon Perusahaan dengan program inisiatif CSR sebagai upaya bisnis berkelanjutan,” jelas Herry.

Melalui keterangan tertulisnya yang diterima POSBERITAKOTA, Direktur Utama (Dirut) Fidri Arnaldy mengatakan sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank DKI menjalankan peran sebagai fasilitator pertumbuhan serta penyetaraan ekonomi masyarakat di DKI Jakarta.Bank DKI berfokus pada inisiatif CSR yang bertujuan pada pemberdayaan masyarakat lokal yang memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup,” urainya.

Dipaparkan Fidri lebih lanjut bahwa Jakarta Koperasi Hidroponik (Jakonik) adalah program CSR unggulan Bank DKI yang dilakukan sejak tahun 2014. Dan, melibatkan peran aktif masyarakat dalam menghidupkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Jakonik saat ini telah memiliki 9 kelompok anggota di 9 wilayah Rusun di Jakarta.

Ditambahkan untuk para anggota Jakonik telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen dan tata kelola hulu – hilir bisnis hidroponik, tentu dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, penyedia sarana dan prasarana (pupuk, bibit dan peralatan).

Penghargaan CSR Award 2023 merupakan bentuk apresiasi dari B-Universe kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja CSR yang unggul dan konsisten. Beberapa indikator yang dijadikan kriteria penilaian, terdiri atas relevansi, dampak, keberlanjutan, transparansi dan jejaring kolaboratif.

Tim riset B-Universe telah mengkurasi lebih dari 800 perusahaan untuk disaring menjadi 100 terbaik hingga dipilih 30 perusahaan dari 23 sektor yang akan diberikan penghargaan untuk kategori terbaik dari yang terbaik.

Sedangkan Komisaris Utama B-Universe, Enggartiasto Lukita, mengungkapkan alasan mengadakan event ini untuk memberikan apresiasi terbaik kepada perusahaan yang masih terus konsisten menjalankan program CSR mereka, walaupun kondisi ekonomi saat ini sedang tidak menentu.

“Biar bagaimana pun CSR ini tentu saja turut membantu menguatkan masyarakat yang lemah, tidak memiliki akses, tidak beruntung, agar tetap bertahan. Bahkan, bangkit dari keterpurukan setelah dihantam COVID-19. Budaya Indonesia yang tak bisa dilupakan adalah kebersamaan, gotong royong. Dan, itu yang membuat ekonomi Indonesia kuat dan bangkit,” imbuh Enggar.

Sementara itu Direktur Pemberitaan B-Universe, Apreyvita Wulansari, berharap dengan adanya B-Universe CSR Award 2023 dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada perusahaan-perusahaan di luar sana, untuk tetap membantu masyarakat dan tetap semangat berjuang menghadapi ketidakpastian ekonomi.

AKTIF SALURKAN BERBAGAI PROGRAN CSR

Pada bagian lain Arie Rinaldi yang menduduki jabatan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, ikut menambahkan keberhasilan CSR dapat dilihat dari manfaat yang dihasilkan bagi masyarakat. “Sebagai CSR unggulan Bank DKI, Jakonik dicita-citakan memberikan manfaat bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta
memberdayakan ekonomi lokal. Keberhasilan Jakonik terbukti dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan,” papar Arie.

Bank DKI dibawah kepemimpinan Direktur Utama (Dirut) Fidri Arnaldy, ternyata secara aktif mengimplementasikan berbagai program CSR untuk memberikan makna lingkungan, sosial dan ekonomi bagi masyarakat khususnya di DKI Jakarta, diantaranya revitalisasi mangrove, budidaya magot. Dalam momentum Ulang Tahun Bank DKI yang ke-62 yang jatuh pada 11 April 2023 lalu Bank DKI menyampaikan santunan senilai total Rp 2 miliar kepada 8.500 Anak Yatim & Dhuafa serta paket umroh kepada 7 orang Marbot dari 5 wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain itu, Bank DKI juga turut membantu meringankan beban masyarakat pada kejadian bencana daerah maupun nasional.

“Termasuk komitmen untuk mendukung berbagai program kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya penyaluran bantuan sosial Pemprov DKI Jakarta, seperti pendistribusian dan pengelolaan rekening Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul, Kartu Lansia Jakarta, Kartu Dasawisma dan Kartu Pekerja Jakarta,” pungkas Arie. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Pasok BBM & Pelumas Berkualitas Tinggi, PERTAMINA Perkuat Sinergi dengan Dukung Penuh Operasional Polda Banten

Redaksi Posberitakota

Jadi Tonggak Penting Digitalisasi, BANK DKI Gondol Predikat BPD Terbaik Saat Rakornas

Redaksi Posberitakota

Untuk Kategori BPD KMBI II Sampai Rp 14 Triliun, BANK DKI Torehkan Prestasi Sebagai ‘The Best Bank Awards 2024’

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang