28.4 C
Jakarta
29 April 2024 - 04:05
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Rencana Dioperasikan Awal 2004, HERU BUDI Resmikan Dimulainya Pembangunan Pasar Kwitang Dalam

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan dimulainya pembangunan atau groundbreaking Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat, Kamis (8/62023). Namun untuk pembangunan Pasar Kwitang Dalam ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023, sehingga dapat dioperasikan pada awal tahun 2024 mendatang.

Menurut Heru Budi keberadaan Pasar Kwitang Dalam nantinya harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar serta mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat dan Kota Jakarta. Pasar ini bisa melayani konsumen dengan baik, secara tidak langsung bisa mengendalikan inflasi. Berikutnya, pasar di Ibu Kota harus bagus,” ujarnya.

Masih dalam keterangannya, Heru Budi, menyebutkan bahwa groundbreaking Pasar Kwitang Dalam menandakan keseriusan Pemprov DKI melalui Perumda Pasar Jaya sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di sektor ketahanan pangan, untuk melakukan revitalisasi pasar-pasar tradisional, sehingga tidak kalah dengan pasar modern lainnya.

“Pada hari ini, kita memulai groundbreaking Pasar Kwitang Dalam yang menandakan bahwa berikutnya ada pasar-pasar lain yang akan direvitalisasi. Ini menjadi tugas Perumda Pasar Jaya bahwa semua pasar yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya harus bagus dan harus bersih, karena terletak di Ibu Kota,” tegasnya.

Karena itu, Heru Budi menitipkan pesan kepada para pedagang. Baik itu pedagang di pasar yang baru dibangun maupun yang eksisting, agar dapat menjaga kebersihan dan ketertiban. Sehingga, kegiatan pasar dapat berjalan dengan lancar dan membuat nyaman para pengunjung.

“Melalui kesempatan ini, saya titip kepada seluruh pedagang yang berada di kawasan Perumda Pasar Jaya untuk menjaga kebersihan bersama-sama, menjaga keamanan, dan tetap tertib. Ruang yang sudah diberikan itu dirawat, itu juga yang mendorong para pembeli tetap ke pasar,” kata Heru Budi, lagi.

Sementara itu Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Tri Prasetyo, mengharapkan pembangunan Pasar Kwitang Dalam, selain dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan mendukung pertumbuhan perekonomian di Jakarta, juga menjadi ikon baru sebagai karya untuk Jakarta.

Groundbreaking ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu, sehingga nantinya bangunan baru tersebut akan bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan ikut serta dalam penataan Kota Jakarta yang lebih baik,” katanya.

Dijelaskan Tri lebih lanjut, Pasar Kwitang Dalam ini berdiri di atas lahan seluas 1.190 meter persegi dan direncanakan akan dibangun dua lantai dengan total 156 tempat usaha, terdiri dari 93 kios dan 63 los. Pasar Kwitang Dalam juga akan memiliki fasilitas berupa tempat parkir mobil dan motor, toilet, ruang ibadah, kantor pasar dan dilengkapi akses bagi penyandang disabilitas. Pembangunannya menggunakan anggaran sebesar Rp 15 miliar yang berasal dari dana Penyertaan Modal Daerah (PMD).

Selanjutnya, Tri mengungkapkan bahwa Perumda Pasar Jaya juga akan melakukan groundbreaking empat pasar lainnya pada tahun ini, yakni Pasar Kombongan, Jakarta Pusat; Pasar Kramat Jaya, Jakarta Utara Pasar Baru Metro King, Jakarta Pusat dan Pasar Blok A Fatmawati, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, sejumlah pasar juga sedang dalam tahap pembangunan yang ditargetkan selesai pada tahun 2024, di antaranya Pasar Petojo Enclek, Jakarta Pusat; Pasar Gandaria, Jakarta Pusat; dan Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. □ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Kalau Cuma ‘Omdo’ Mundur Saja, LEGISLATOR DR SYARIF GERINDRA Tantang Jakpro Tuntaskan Proyek ITF Sunter

Redaksi Posberitakota

Dipimpin Langsung oleh KASAD, KODAM JAYA Gelar Sertijab dari Mayjen Untung Budiharto ke Mayjen Mohammad Hasan

Redaksi Posberitakota

Peluncuran Buku di TIM, KADIS PUSIP DKI FIRMANSYAH : Anak Itu Aset Kita & Bagian dari Membangun Generasi Muda

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang