34.3 C
Jakarta
29 April 2024 - 15:18
PosBeritaKota.com
Daerah

Di Kampoeng Joglo Tanjung Lesung Banten, DESAINER MIGI RIHASALAY Gelar ‘Charity Paint on Canvas Class’

BANTEN (POSBERITAKOTA) ■ Kendati kondisinya tengah hamil tua, ternyata tak menyurutkan niat perancang busana (desainer) tematik Migi Rihasalay untuk melaksanakan kegiatan charity atau amal. Sedangkan untuk kegiatan Sunday Morning Class kali ini, bertitle ‘Paint on Canvas Class‘ yang diikuti 45 anak berbakat dan digelar di Kampoeng Joglo miliknya yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dengan didampingi suami tercinta, Andrew James (bule asal Australia), Migi mengajari anak-anak melukis secara gratis. “Pastinya, saya senang banget, meski saat ini tengah hamil 9 bulan. Satu kebahagiaan karena saya masih dapat memberikan pelatihan seni melukis bagi anak-anak di sekitarnya sini,” tegas Migi, Minggu (18/6/2023).

Diceritakan bahwa anak-anak tersebut sangat antusias melukis di atas kandas dengan mengikuti arahan dirinya. Apalagi, tambah Migi, merema memang punya bakat seni seperti desain pakaian, melukis, dan lainnya. “Jadi, kali ini saya ajarkan mereka melukis menggunakan kain kanfas. Sebelumnya, mereka juga kami ajarkan melukis menggunakan media botol bekas,” celetuk istri dari arsitek asal Australia tersebut.

Lebih jauh Migi menambahkan bahwa ada beberapa anak di antaranya memiliki bakat yang sangat kuat sehingga hasil lukisannya tampak lebih indah. “Kegiatan Paint on Canvas ini memang untuk mengakomodir bakat seni anak-anak. Mereka saat ini ibarat tunas yang bertumbuh dan berkembang menjadi pohon yang rindang,” tutur Migi yang sering mengangkat tema klasik dan nusantara pada rancangan busana kreasinya.

Menurut dia bersama sang suami tercinta, berkomitmen untuk menggelar kegiatan charity ini secara berkesinambungan. “Sedangkan tujuan kami membangun Kampoeng Joglo yang terdiri dari enam unit rumah Joglo, antara lain digunakan untuk kegiatan kreatif para seniman,” tutur dia, lagi.

Migi pun berharap dengan adanya kegiatan Sunday Morning Class di Kampoeng Joglo ini, terutama untuk kegiatan charity atau amal sosial bisa menjadi rutin. “Tentunya, saya berharap beberapa dari mereka kelak akan menjadi seniman hebat dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia negeri tercinta ini. Memang segala hal harus dipupuk dari kecil, termasuk adik-adik yang sedang saya bimbing ini. Saya sangat bersyukur dengan kesempatan ini. Maka, saya akan terus berusaha untuk produktif sekalipun dalam keadaan hamil tua,” ujar Migi yang kini tengah mengandung anak pertamanya.

Sedangkan soal kegiatan membangun sekolah minggu pagi ini yang memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk meningkatkan kreativitas dan membangun mimpinya kelak yang ingin menjadi seniman. “Pokoknya, tidak ada kata lelah dan menyerah bagi saya di dalam keadaan apapun. Jika ada kesempatan, saya akan terus mencoba menyediakan wadah dan menyempatkan waktu saya, termasuk untuk kegiatan art class di Kampoeng Joglo ini,” jelasnya.

Seperti diketahui bahwa pasangan suami istri Andrew dan Migi dengan sabar membangun sederetan rumah di Kampoeng Joglo yang terletak di kawasan pantai Tanjung Lesung yang mana daerah ini disiapkan pemerintah sebagai destinasi wisata internasional. Lebih dari tujuh tahun, Andrew dan Migi berburu material kayu rumah joglo di berbagai daerah di Jawa Tengah, termasuk kota ukir Jepara.

Setelah melalui perjuangan yang panjang dan menghabiskan banyak uang akhirnya impian mereka membangun wadah perkumpulan seniman terwujud. Pada Mei lalu dilakukan peresmian Kampoeng Joglo sekaligus acara adat ‘mitoni” atau peringatan tujuh bulan usia kandungan. Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat, pengusaha, tokoh masyarakat, seniman, keluarga besar dan lainnya. ■ RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Bawa Tangki Gendong, POLSEK TERISI Gerak Cepat Atasi Kebakaran Hutan di Petak 16 RPH Cipondoh

Redaksi Posberitakota

Segar Baru Dipanen, SEMANGKA & MELON Lokal Indramayu Manisnya Maknyus Bisa untuk Oleh-oleh

Redaksi Posberitakota

MINTA DUKUNGAN BIAR SEMBUH KE WARGA SOLO, GIBRAN RAKABUMING RAKA NGAKU POSITIF TERPAPAR COVID-19

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang