Peringati Tahun Baru Islam 1445 H, HERU BUDI HARTONO Ajak Masyarakat Jakarta Tingkatkan Kesalehan Individual & Sosial

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam momentum memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak masyarakat khususnya umat Islam di Jakarta, agar terus menjalankan semangat hijrah Nabi Muhammad SAW yakni dengan meningkatkan etos kerja, kesalehan individu dan juga kesalehan secara sosial.

Hal tersebut di atas disampaikan Heru Budi saat menghadiri peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah bertempat di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2023) malam.

“Momentum peringatan Tahun Baru Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Muharam jelas merupakan hal yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Dan, momen ini mengingatkan seluruh Muslim atas peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Kota Madinah, dimana menjadi tonggak penting dalam sejarah umat Islam. Tentu dengan semangat yang tak pernah lelah, kita akan mampu membangun kota ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” tutur Heru Budi.

Dalam hal mencontoh teladan dari Nabi Muhammad SAW tersebut, ditambahkan Pj Gubernur DKI bahwa pada saat ini pun Jakarta berhijrah dan berbenah diri dengan mengubah pola pikir, meningkatkan moral serta upaya berkelanjutan dalam membangun kota. Yaitu seperti melaksanakan ragam upaya mengatasi kemiskinan ekstrem dan stunting, bahkan hingga menata kota yang lebih ramah lingkungan.

“Tentunya sebagai penghayatan dari nilai-nilai hijrah tersebut, penting bagi kita untuk meningkatkan kesalehan individual dan juga kesalehan secara sosial. Hal ini mencakup peningkatan jumlah dan kualitas ibadah serta pengembangan diri. Kemudian sambil meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama,” ucapnya, menambahkan.

Heru Budi juga menyampaikan bahwa proses tersebut, tentunya dapat dimulai dari lingkungan terdekat masing- masing. Terlebih lagi jika dilakukan secara konsisten, bakal memberikan dampak positif bagi masyarakat DKI Jakarta secara keseluruhan.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Setda DKI Jakarta, Widyastuti, mengutarakan bahwa peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, juga digelar berbagai acara.

Baik itu pemberian santunan anak yatim, talkshow dari Baznas DKI Jakarta serta pameran produk halal yang didukung olehDinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta.

“Bahkan, melalui Dewan Masjid Indonesia, kami juga menyerukan kepada pengurus masjid untuk menyemarakkan peringatan Tahun Baru Islam ini. Tentu saja dengan kegiatan positif di setiap wilayah Jakarta,” tutup Widyastuti. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Berjalan Sukses & Lancar, DIREKTUR EKSEKUTIF ‘JPS’ M. SYAIFUL JIHAD Beri Apresiasi Pelaksanaan PPDB 2024

Bersama STHI Jentera, DISPUSIP DKI JAKARTA Gelar Seminar Untuk Bangun Kesadaran Hak Cipta di Perpustakaan

Setahun Menjabat RW 16, BENNY KURNIAJAYA Bikin Terobosan Bangun Tanggul Pengaman di Pantai Mutiara Jakut