PosBeritaKota.com
Megapolitan

Jadi Provinsi Layak Anak 2023, PEMPROV DKI JAKARTA Raih Penghargaan dari KemenPPA

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Lagi,
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali berhasil menggondol penghargaan sebagai “Provinsi Layak Anak” (PROVILA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA), pada Jumat (21/7/2023) kemarin di Semarang, Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Rizky Hamid, mewakili Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, menerima penghargaan Provinsi Layak Anak dari Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

“Alhamdulillah dan terima kasih kami sampaikan atas penghargaan PROVILA 2023 ini. Penghargaan ini bukanlah suatu tujuan akhir, namun suatu proses dan pemantik untuk semakin memperjuangkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di DKI Jakarta. Hal ini sesuai dengan instruksi Pj. Gubernur agar seluruh jajaran Pemprov DKI memperhatikan hak-hak anak,” kata Rizky, Minggu (23/7/2023).

Sedangkan gelar PROVILA didapatkan karena seluruh Kota Administrasi dan Kabupaten MK(k99di Jakarta mendapatkan predikat Kota/Kabupaten Layak Anak. Rinciannya, Kota Administrasi Jakarta Timur berhasil mempertahankan predikat ‘Utama’, seperti yang telah diraih pada tahun sebelumnya.

Predikat ‘Utama’ juga diraih oleh Kota Administrasi Jakarta Utara dan Jakarta Selatan yang pada tahun sebelumnya meraih predikat ‘Nindya’. Sementara, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu pada tahun ini mendapatkan predikat ‘Nindya’.

“Namun untuk kedepannya, kami terus berkomitmen penuh dalam melakukan upaya terbaik untuk memenuhi dan memberikan perlindungan terhadap anak, dengan mengimplementasikan Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 yang merupakan perubahan atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Aturan tersebut secara tegas menyatakan prinsip dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak, yang meliputi hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi. Kami berkomitmen untuk memenuhi dan melindungi hak-hak tersebut di DKI Jakarta,” papar Rizky, panjang lebar.

Sementara implementasi dari aturan pemenuhan dan perlindungan hak anak yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta, di antaranya menyediakan Pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) di Perguruan Tinggi, RPTRA, dan beberapa kantor Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta. Ada juga Pos Pelayanan Kesejahteraan Keluarga (PPKS), Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga, Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Forum PUSPA), Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA), Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA).

“Tentunya, kami terus meningkatkan pelayanan dan berinovasi mewujudkan berbagai upaya kebijakan melalui sinergi dengan berbagai pihak. Sehingga hak-hak anak dapat terpenuhi, serta suasana yang aman, nyaman dan tenteram bagi anak dapat terpenuhi secara optimal,” pungkas Rizky. © [RED/AGUS SANTOSA]

Related posts

Asal Berani Segel, Kepala BNN Siap Beberkan Nama 36 Diskotek Sarang Narkoba

Redaksi Posberitakota

Kafilah Banten Juara Umum, MTQ KORPRI Tingkat Nasional IV Resmi Ditutup

Redaksi Posberitakota

Saat Momen Melantik Pejabat Administrator & Pengawas, HERU BUDI Beri Pesan agar Realisasikan Jakarta sebagai Global City

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang