31.1 C
Jakarta
29 April 2024 - 21:11
PosBeritaKota.com
Daerah

Di Indramayu, UPNV Jakarta & Universitas Technology MARA Malaysia Adakan Pelatihan Literasi Digital

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Dua universitas yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Jakarta dan University Technology MARA Malaysia diajak kerjasama dalam pelatihan Peningkatan Kesadaran Literasi Digital (Website Desa) dan Keamanan Informasi bagi Aparatur Desa di Kabupaten Indramayu.

Kegiatan yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu itu berlangsung Jumat (28/7/2023) di Aula Bappeda-Litbang setempat. Pelatihan diikuti 20 peserta dari sejumlah aparatur desa.

Tampak aparatur desa yang hadir berasal dari Kecamatan Haurgeulis, Anjatan, Kedokanbunder dan Jatibarang yang merupakan kecamatan mewakili desa-desa yang digagas menjadi Smart Village.

Pelatihan itu dihadiri Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa pada DPMD Indramayu, Kadmidi. Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPNVJ, Dr. Ermatita selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat beserta anggota Nurhafifah Matondang, Muhammad Adrezo dan Helena Nuramdhani.

Selain itu ikut hadir Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Bappeda Kabupaten Indramayu, Laela Hosilawati dan Perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indramayu, Heru Susanto serta sejumlah tamu dan undangan lainnya.

Kabid Penataan dan Kerjasama Desa, Kadmidi mengatakan, kegiatan kolaborasi tersebut sangat bermanfaat bagi aparatur desa yang merupakan garda depan dalam pembangunan pemerintah yang cerdas.

“Kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat termasuk juga dengan literasi digital. Sekarang kita harus mengelola penyelenggaraan pemerintahan di Kab. Indramayu berbasis digital untuk mewujudkan smart governance,” katanya.

Kadmidi menambahkan bahwa tujuan pelatihan untuk mendukung perwujudan desa cerdas sesuai dengan program unggulan Bupati Indramayu, Nina Agustina Bachtiar.

“Sesuai amanat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, pengembangan Desa Cerdas (Smart Village) dilakukan untuk mempercepat pembentukan desa mandiri. Untuk itu Bupati Indramayu Nina Agustina mencetuskan Program Unggulannya yaitu Ledig (Lebu Digital),” tegasnya.

Dekan FIK UPNVJ, Dr. Ermatita menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indramayu atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Ditambahkan bahwa tujuan diadakannya pelatihan ini dalam rangka meningkatkan peran penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Kabupaten Indramayu.

“Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian dari UPN Veteran Jakarta kepada masyarakat di Kab. Indramayu,” tambahnya.

Selanjutnya untuk pemaparan materi disampaikan Dosen FIK UPNVJ, Henki Bayu Seta dipandu Dosen FIK UPNVJ, Dr. Widya Cholil juga selaku ketua pelaksana dengan memberikan materi terkait keamanan informasi guna meningkatkan literasi digital dalam aparatur desa. © [RED/TARYANI /EDITOR : GOES]

Related posts

Tak Berpotensi Tsunami, GEMPA Berkekuatan Magnitudo 4,8 Guncang Wilayah Pangandaran Jawa Barat

Redaksi Posberitakota

Lampaui Target RPM & National, GUBERNUR KHOFIFAH : “Realisasi Investasi Jatim Tahun 2023 Tembus Rp 145,1 Triliun”

Redaksi Posberitakota

SETELAH SUKSES DI BSD TANGSEL, KANG WAS TANGANI LAGI KONSTRUKSI PANGGUNG EVENT TES DRIVE TOYOTA FORTUNER DI SURABAYA

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang