28.4 C
Jakarta
29 April 2024 - 02:41
PosBeritaKota.com
Top News

Pasca Deklarasi Jadi Cawapres, GUS IMIN Berencana untuk Ziarah ke Makam Wali Songo

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pasca deklarasi Anies Baswedan – Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) sebagai bakal calon presiden (Capres) dan bakal calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang, bikin suhu politik semakin menghangat. Namun ditengah situasi tersebut, rupanya Cak Imin pun memiliki agenda, yakni bakal melakukan ziarah ke makam Wali Songo.

Sedangkan untuk rencana Gus Imin tersebut, siap didampingi sejumlah pengurus teras DPP PKB. Bahkan memulai perjalanan Kamis (7/9/2023) ini dan bakal berakhir Senin (11/9/2023) besok. Kali pertama ziarah ke makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat. Selanjutnya berakhir ziarah di makam Sunan Ampel, Surabaya Jawa Timur.

“Memang kami ada agenda tour dan napak tilas perjuangan Wali Songo yang akan dilakukan Gus Imin bersama pengurus dan kader PKB. Agenda ini sebetulnya agenda rutin PKB setiap tahun. Kami merasa kegiatan spiritual ini penting dilakukan apalagi suhu politik pun akhir-akhir ini mulai menghangat,” tegas Ketua Panitia Tour d Wali Songo PKB, Cucun Ahmad Sjamsurijal, di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Dijelaskan Cucun lebih lanjut bahwa kegiatan ziarah ke makam-makam auliya dan orang saleh merupakan tradisi yang terus dijaga oleh kalangan Islam Ahlul Sunah Wal Jamaah. Dengan berziarah ke makam orang saleh akan menjadi pengingat akan budi baik serta perjuangan mereka demi agama dan bangsa.

Nah, para Wali Songo ini kan dikenal sebagai penyebar agama Islam di Nusantara yang berhasil. Metode pendekatan mereka yang luwes dan tanpa kekerasan membuat Islam mudah diterima oleh masyarakat yang saat itu menganut kepercayaan lama,” paparnya.

Ketua Fraksi PKB DPR RI ini mengungkapkan kegiatan ziarah Wali Songo ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan positif seperti halaqoh pemikiran Wali Songo, Pasar Rakyat hingga layanan kesehatan gratis. Kegiatan tersebut akan dilakukan di sejumlah titik seperti di Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, Makam Sunan Bonang, Tuban, Makam Sunan Drajat, Lamongan dan Makam Sunan Ampel, Surabaya. “Kegiatan ini akan diikuti oleh kader dan simpatisan PKB serta masyarakat luas,” ujarnya.

Pada bagian lain, Cucun berharap kegiatan ziarah Wali Songo ini juga sebagai penanda bahwa kontestasi politik 2024 merupakan bagian ibadah untuk melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa terbaik baik di eksekutif maupun legislatif. Karena itu, semua pihak harus menjaga agar kontestasi politik ini bisa berjalan dengan jujur, adil dan transparan.

“Sebab, politik bagi PKB adalah ibadah. Upaya meraih kekuasaan hanyalah media agar perjuangan mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi masyarakat,” tutupnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

9-10 Desember 2023, RY HYORI DERMAWAN Tampil Jadi Guest Star di Ajang ‘Festival Musik & Budaya Anak Indonesia’ di JIS

Redaksi Posberitakota

Puncaknya Digelar 20 Oktober 2022, SEBANYAK 123 JUDUL Dinilai dalam ‘Festival Film Wartawan Indonesia’

Redaksi Posberitakota

Terasa Bersih & Makin Kencang, YEYEN LIDYA Ngaku Cocok Merawat Wajah di Queen Beauty Clinic Meski Baru 2 Pekan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang