29.5 C
Jakarta
28 April 2024 - 21:41
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Gandeng Keterlibatan Grup Teman Kongkow, MASJID BAITURAHIM ANGKASA PURA Gelar Sunatan Massal di Moment Maulid Nabi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Momentum perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tahun 1445 Hijriyah, dimanfaatkan oleh pengurus Masjid Baiturahim Angkasa yang ada di dalam lingkungan Komplek Angkasa Pura Jl Mokmer RW 07 Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat, untuk menggelar kegiatan sunat massal, Kamis (28/9/2023).

Dalam kegiatan sunatan massal gratis tersebut, pihak DKM/Yayasan Masjid Baiturahim Angkasa, juga menggandeng grup Teman Kongkow (TK). Tidak kurang dari 60 anak-anak dikhintan yang dilakukan petugas medis dari Sunat123, bertempat di area masjid yang berlokasi di Jl Mokmer RW 07 Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Ketua Yayasan Masjid Baiturahim Angkasa, Nurhamidi, menyampaikan terima kasih kepada grup Teman Kongkow yang berinisiatif mendanai kegiatan sosial dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Baik itu yang tinggal di kawasan komplek Angkasa Pura maupun di wilayah lainnya.

“Panitia awalnya cuma menargetkan 50 anak, tapi peminatnya ternyata membludak sampai 117 anak. Adapun yang diakomodir pada kegiatan ini 60 anak. Namun menurut salah satu donatur, yakni Pak Tedy Komala, sisa anak yang belum terlayani nanti akan dituntaskan pada liburan sekolah mendatang sekitar Desember 2023 atau awal tahun,” ucap Nurhamidi.

Dalam pelaksanaan kegiatan sunat massal tersebut, berlangsung semarak dan tertib karena dihadiri banyak pihak. Termasuk sejumlah pengurus masjid seperti Ketua Dewan Pembina Yayasan Sagito, Dewan Pengawas Zaenuddin, Sekretaris DKM Adam Noviar, Bendahara DKM Luki Mandara, para pengurus RT/RW, tokoh masyarakat dan lainnya. Lurah Gunung Sahari Utara, Hasbullah juga turut hadir bersama staf dan jajaran Babin Kamtibmas.

Prakoso selaku Ketua Teman Kongkow (TK) menjelaskan bahwa kegiatan kaitan massal ini bermula dari obrolan anggota TK yang sering ngeriung di halaman bekas TK Perwara di kawasan komplek. TK merupakan grup atau wadah silaturahmi belasan warga komplek Angkasa Pura, baik muslim maupun non-muslim.

“Nah, setelah ngobrol-ngobrol, kami kepengin gelar sunatan massal. Rupanya hal ini disambut baik oleh pengurus Masjid Baiturahim hingga akhirnya bisa direalisasi. Sedangkan untuk dana berasal dari sumbangan Teman Kongkow, termasuk warga non-muslim yakni Pak Tedy dan Pak Sugianto yang paling banyak nyumbang kegiatan ini,” ujar Prakoso, lagi.

Sedangkan juru bicara grup TK, Dhani Ramdani, menambahkan masing-masing anak juga mendapatkan santunan sebesar Rp 300 ribu. “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini hingga berlangsung sukses. Semoga kegiatan semacam ini dapat dilakukan lagi pada kesempatan mendatang,” ucap Dhani yang juga pengurus DKM seraya menambahkan bahwa kegiatan ini sekaligus untuk merayakan hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu Ketua DKM Iim Rusyamsi menjelaskan bahwa DKM melalui kegiatan ini panitia menggandeng pusat sunat modern dari Jl Percetakan Negara, Jakpus, yakni Sunat123 yang telah terbukti berpengalaman. “Adapun sunat di sini, kami memilih menggunakan metode klem yang minim sakitnya,” kata Iim. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari DKM yang dimotori Bidang Kemanusiaan bersama Teman Kongkow, Sunat123 dan didukung pengurus RT dan warga.

Tak lupa sejumlah orangtua peserta sunat massal, juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh panitia. “Alhamdulillah, anak saya sudah disunat dan tidak bayar sama sekali. Bahkan dapat santunan Rp 300 ribu. Ini sangat meringankan beban kami yang bekerja serabutan. Semoga amal baik dari pengurus masjid, Teman Kongkow serta semuanya mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT,” tutur salah satu warga yang tinggal di kampung padat hunian kawasan Pademangan, Jakarta Utara. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Gaji Tidak Naik, SERIKAT PEKERJA Gelar Unjuk Rasa di Kantor LKBN Antara

Redaksi Posberitakota

BNPB : Warga Jakarta Agar Waspadai Banjir Kiriman

Redaksi Posberitakota

Meski Sudah 5 Hari Kerja, LALU LINTAS IBUKOTA Masih Belum Terjebak Macet

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang