Irup Peringatan Hari Otda, ANIES Minta ANS Pemprov DKI Tingkatkan Kemampuan SDM

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXIII Tahun 2019 di Lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, yang diikuti ribuan aparatur sipil negara (ASN).

Dalam upacara yang bertema ‘Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif’ ini Gubernur Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam kesempatan ini, Anies membacakan amanat Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang menekankan pada peningkatkan kualitas SDM Pemprov DKI Jakarta.

“Untuk itu, saya mengimbau seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta agar meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dengan memanfaatkan ruang otonomi daerah sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi,” ujarnya di lokasi, Kamis (25/4).

Menurutnya ini pesan yang baik dan kesempatan bagi seluruh jajaran untuk memanfaatkan ruang otonomi daerah di seluruh Indonesia. “Agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat lebih besar dari kehadiran pemerintah,” ucapnya pada acara yang juga dihadiri sejumlah unsur Forkopimda DKI Jakarta, tokoh masyarakat, pelajar dan lainnya.

Sebagaimana diketahui, perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otda telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah. Masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

Baca Juga:  Cek Dampak Demo Pemilu, ANIES Tinjau Lokasi Bekas Kerusuhan di Petamburan

“Karena itu, peringatan Otda tahun ini merupakan refleksi dari eksistensi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM,” papar Anies.

Dia juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta bahwa upacara peringatan Hari Otda ini merupakan pengingat kepada semua pihak yang bekerja di pemerintahan supaya semua hal yang menjadi tujuan bernegara terlaksana di setiap daerah.

“Sebab, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat,” jelasnya.

Turut hadir dalam peringatan ini Sekretaris Daerah DKI Jakarta, M. Saefullah, para pejabat Pemprov DKI, serta Ketua TP PKK DKI Jakarta, Fery Farhati. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta, Herry Purnama, menampilkan paduan suara dari siswa-siswi SMA Negeri 4 Jakarta, dan korps musik dari jajaran Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan