29.2 C
Jakarta
29 April 2024 - 09:36
PosBeritaKota.com
Nasional

Peringati Hari Pangan Sedunia, CAMELIA PANDUWINATA Minta Masyarakat Waspada Krisis Air

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pada Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober, khusus di tahun 2023 ini mengusung tema ‘Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan, Jangan Tinggalkan Siapa pun‘. Tentu saja dari tema tersebut, bertujuan untuk menyoroti peran penting air bagi kehidupan di bumi serta sebagai sumber makanan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Caleg DPR RI Dapil III Jabar dari PKB, Camellia Panduwinata atau yang lebih dikenal dengan Teh Camel, menyoroti krisis air yang sedang terjadi di Indonesia.

Ketika ditemui di acara Peringatan Hari Pangan Sedunia, Selasa (17/10/2023) di Jakarta, politisi yang artis dan akrab dengan panggilan nama Teh Camel, menekankan pentingnya menjaga stabilitas pangan di Indonesia, terutama pada masa krisis.

“Jadi pada peringatan Hari Pangan Sedunia 2023 ini, menekankan air sebagai fondasi kehidupan dan pangan. Apalagi dengan mengusung tema Water is life, water is food, Leave no one behind. Hal ini tentu mengingatkan diri kita akan pentingnya air. Karena, saat ini sedang terjadi kelangkaan di beberapa wilayah. Tentunya hal ini harus kita waspadai,” pintanya.

Masih dalam konteks tersebut, Teh Camel juga memaparkan temuannya terhadap berbagai rilis dan jurnal yang membahas mengenai krisis air dan pangan dalam beberapa tahun belakangan ini.

“Sedangkan menurut BNPB saja, tahun ini setidaknya telah ada 45 kekeringan. Sudah barang tentu sangat berdampak pada pertanian dan ketahanan pangan nasional. Apalagi Ketahan Pangan Indonesia itu peringkat ke-63 dari 113 negara di dunia. Tentunya sekali lagi saya tekankan, kita harus waspada terhadap kelaparan yang bisa saja terjadi,” ucap dia, mengingatkan.

Menutup keterangannya, Teh Camel juga membahas mengenai topik lain yang dapat mengakibatkan melemahnya ketahanan pangan di Indonesia.

Hal itu bisa diakibatkan fenomena perubahan iklim, bencana alam, inflasi hingga konflik sosial dan geopolitik, termasuk perang. © [RED/R. ALDIANSYAH/ EDITOR : GOES]

Related posts

Kondisi Selasa Pagi, BPPTKG Sebut Cuaca Gunung Merapi Cerah

Redaksi Posberitakota

Hari Buruh di Jateng Dikawal Lebih 8000 Polisi

Redaksi Posberitakota

Di Acara Festival GBN, BAMBANG SOESATYO Beri Motivasi Bangun Nasionalisme Melalui Gerakan Kebudayaan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang