28.4 C
Jakarta
28 April 2024 - 10:19
PosBeritaKota.com
Business

Demi Mewujudkan Digitalisasi, BANK DKI & PASAR JAYA Jalin Kerjasama untuk Permudah Pengelolaan Pembayaran Pedagang

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Demi mewujudkan digitalisasi pada pasar-pasar yang ada di Jakarta, Bank DKI bersama Perumda Pasar Jaya telah melakukan penandatanganan kerjasama tentang Pengelolaan Pembayaran Pedagang melalui MPOS Bank DKI.

Untuk penandatanganan kerjasama di atas, dilakukan oleh Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan melalui kegiatan gelaran Sinergi Forum DKI Jakarta pada Selasa (14/11/2023) baru lalu yang difasilitasi oleh media Jawa Pos di Jakarta.

Diharapkan dengan adanya kerjasama tersebut, baik pedagang maupun pengunjung pasar, bisa bertransaksi non-tunai secara mudah dan aman. Selain itu, pedagang juga bakal semakin mudah dalam melakukan pencatatan transaksi harian.

Seperti dikatakan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, pihaknya terus berkomitmen menghadirkan kemudahan bertransaksi layanan perbankan melalui program digitalisasi pasar. Hal itu juga yang dilakukan dengan menggandeng Perumda Pasar Jaya.

“Yang jelas hingga saat ini Bank DKI telah melakukan digitalisasi pasar di Pasar Santa, Pasar Rumput, Pasar Kedoya, Pasar Koja, Perumnas Klender, Pasar Kebayoran Lama serta Pasar Ciracas. Juga akan terus diperluas seiring dengan visi Bank DKI untuk mendukung pertumbuhan Jakarta melalui pengembangan UMKM, kemudahan bertransaksi dan mewujudkan sistem transaksi non-tunai,” tambah Arie melalui keterangan resminya.

Sedangkan kegiatan Sinergi Forum DKI Jakarta itu sendiri mengusung tema: ‘Maksimalkan Peran Pasar sebagai Jantung Ekonomi Daerah’, dimana menjalin kerjasama dengan Pasar Jaya.

Forum tersebut sekaligus sebagai ajang diskusi seluruh stakeholder, karena dihadiri sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta serta sekitar 300 pelaku usaha yang terdiri atas kepala pasar dan pedagang dari 153 pasar di Jakarta.

Pada saat digelar seminar bertajuk : ‘Peran dan Fungsi Penting QRIS dan Digital Banking bagi Pelaku Usaha Pasar’, Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono juga tampil menjadi pembicara.

Kemudian turut hadir pula Kepala BP BUMD DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono serta Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan beserta jajaran Direksi Perumda Pasar Jaya.

Menurut Amirul bahwa digitalisasi menjadi salah satu aspek yang tidak dapat terhindarkan, utamanya dalam kebutuhan transaksi sehari-hari, termasuk di lingkungan pasar.

“Tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat, terutama pedagang dan pengunjung pasar, kini semakin dimudahkan dengan layanan perbankan digital. Bahkan, Bank DKI telah menghadirkan ekosistem pembayaran non tunai melalui aplikasi JakOne Abank, JakOne Merchant, implementasi pembayaran melalui QRIS, hingga digitalisasi pembayaran di fasilitas lainnya dalam lingkungan pasar sebagai bentuk dukungan kepada para pedagang pasar/pelaku UMKM,” urai Amirul, mengunci pemaparannya dalam seminar tersebut. © [AGUS SANTOSA/RED]

Related posts

Demi Mengejar Target Penjualan, HARVEST CITY Gandeng Kerjasama dengan 40 Kantor Agen Properti

Redaksi Posberitakota

Buktikan Performa Gemilang, BANK DKI Sabet Penghargaan ‘Indonesia Top Bank Award’ & ‘Top Banking CEO’ di Tahun 2023

Redaksi Posberitakota

MAL DIBUKA & TERAPKAN SOP ‘PEDULILINDUNGI’, HIPPINDO REAKSI BERI APRESIASI KEPADA PEMERINTAH YANG INGIN PEREKONOMIAN KEMBALI BERGERAK

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang